STRATEGI FUNDRAISING DAN FILANTROPI DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DI KABUPATEN SAMBAS

  • Guntur Fakultas Dakwah dan Humaniora, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Sri Sunantri Fakultas Dakwah dan Humaniora, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • A.Rafik Fakultas Dakwah dan Humaniora, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Fundraising Strategy, Philanthropy, LAZISMU

Abstract

Strategy is a method used to carry out an activity to achieve a goal. Through the strategy can determine a plan that will be produced. LAZISMU Sambas Regency is an institution that operates as a manager of infaq and shadaqah zakat funds, of course, has a mature strategy. This is very influential on the programs being run and plays an important role in collecting funds from donors and distributing them to mustahik. The purpose of this research in general is to find out how to raise funds in the management of the amil zakat infaq and shadaqah Muhammadiyah institutions in Sambas Regency, to find out how to channel funds in the management of the amil zakat infaq and shadaqah Muhammadiyah institutions in Sambas Regency, and to find out the opportunities and challenges. faced in the management of the amil zakat infaq and shadaqah Muhammadiyah institutions in Sambas Regency.

References

Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Peneitian; Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Revisi.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Depertemen Agama RI. (1998). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Asy-Syifa’.

Firdaus, Fakhry zamzam. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Fajrie, Mahfudlah. (2016). Budaya Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah: Melihat Gaya Komunikasi dan Tradisi Pesisiran. Cet. I. Wonosobo: CV. Mangku Bumi Media.

Ghofur, Abdul. (2018). Tiga Kunci Fundraising; Sukses Membangun Lembaga Nirlaba. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hafidhudduin, Didin. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Herujito, Yayat M. (2001). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Lapau, Buchari. (20120. Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Ed. I. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

M. Hardjana, Agus. (2007). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Masri, dkk. (1994). Motode Penelitian Surve. Jakarta: LP3ES.

Pattilima, Hamid. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rajafi, Ahmad. (2018). Khazanah Islam: Perjumpaan Kajian Dengan Ilmu Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmawati, Theadora, Makhrus Fauzi. (2019). Fikih Filantropi: Studi Komparatif Atas Tafsir Fi Sabilillah Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Cet. I. Jakarta: Duta Media Publishing.

Sani, M. Anwar. (2010). Jurus Menghimpun Fulus; Manajemen Zakat Berbasis Masjid. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sari, Elsi Kartika. (2006). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta: PT Grasindo.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Umar, Husein. (2001). Strategic Management in Action: Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Listyaningrum, Riris. (2015). “Strategi Fundraising Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis) Yogyakarta.” Skripsi pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurhajizah, Meike Siti. (2017). “Strategi Fundraising Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat Melalui E-Commerce.” Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta..

Sasmitasen, Sri Harjanti dan Halim Setiawan. (2020). Pengembangan Home Industri Di Desa Nibung-Paloh; Kajian Komunikasi Terhadap Air Batu Mineral Al-Barokah. Bandung: Jejak Publisher. Lihat: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=66H-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:FbuQJouIVRcJ:scholar.google.com&ots=6RDnpmcZ4k&sig=MwYvntehjOkWIGVRolW88QtruVI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Setiawan, Halim. (2017). Manajemen Komunikasi Dompet Umat dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam, Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 11 No. 1. UIN SGD Bandung. Lihat: https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1088

Syumas, Azizatul Lathifah. (2019). “Penerapan Strategi Fundraising dalam Pengelolaan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihat Surabaya).” Skripsi. pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kalida, Muhsin. (2004). “Fundraising dalam Studi Pengembangan Lembaga Kemasyarakatan”. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. Vol. V. No. 2.

Wawancara dengan Intan Diana Sari Wakil Bendahara. di Kantor KPU Sambas. Hari Kamis tanggal 2 Juli 2020. Pukul 19.46 WIB.

Wawancara dengan Rizki Imanudin Anggota. di Warung Kopi Sani Sambas. Hari Rabu 1 tanggal Juli 2020. Pukul 17.00 WIB.

Wawancara dengan Zulpianto Anggota. di Sekretariat LAZISMU Sambas. Hari Rabu tanggal 1 Juli 2020. pukul 15.00 WIB.

Wawancara dengan Ariska Manajer Eksekutif. di Sekretarist LAZISMU Sambas. Hari Rabu tanggal 1 Juli 2020. Pukul 14.25 WIB.

Wawancara dengan Juliadi Sekretaris. di Warung kopi Apan Sambas. Hari Kamis tanggal 2 Juli 2020. Pukul 14.15 WIB.
Published
2021-03-30
Section
Articles