PENGARUH BEAUTY VLOGGER, HARGA, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty vlogger, harga dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIS Sambas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (feild research). Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswi FEBI institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 106 responden.
Hasil penelitian secara uji t(parsial) menunjukan bahwa variabel beauty vlogger (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIS Sambas. Variabel harga (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIS Sambas. Dan variabel label halal (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIS Sambas.
Hasil penelitian uji F diperoleh nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa beauty vlogger, harga dan label halal secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIS Sambas.