STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUMAHAN ERNASA ASRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Lubuk Dagang Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas)

  • Nana Malina IAIS Sambas

Abstract

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUMAHAN ERNASA ASRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Lubuk Dagang Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas). Strategi pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dengan istilah Marketing Mix 4P, di antaranya yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place). Strategi pemasaran Marketing Mix 4P ini adalah kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan memahami serta memuaskan kebutuhan konsumen, agar konsumen tidak beralih ke perusahaan lain dan perusahaan harus mengerahkan segala upaya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen agar memperoleh laba. Perusahaan berupaya untuk mengatasi persaingan dan meningkatkan jumlah penjualan, untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Perumahan Ernasa Asri ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study (studi kasus). Data yang digunakan berupa data primer yang didapatkan dari hasil wawancara kepada karyawan pemasaran di Perumahan Ernasa Asri. Data sekunder dapat berupa laporan data konsumen maupun berkas lainnya yang berhubungan dengan hal yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan reduksi data, display data (penyajian data) dan tahap akhir yaitu penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianguluasi, member chek, dan perpanjangan pengamatan.

Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran Perumahan Ernasa Asri sudah cukup baik, karena sudah memenuhi kriteria pemasaran 4P yang dikemukan oleh Philip Kotler, yang meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place). Dari sudut pandang Ekonomi Islam secara umum dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk Perumahan Ernasa Asri sudah  cukup baik, tetapi telah melanggar ketentuan Ekonomi Islam dari segi harga karena masih menggunakan praktik jual beli secara Riba’. Dan dari segi lokasi karena lokasi yang dimiliki masih kurang strategis karena cukup jauh sehingga proses transaksi dan survei lokasi oleh pelanggan menjadi kurang efektif dan membebani pelanggan.

Published
2023-01-31