Dampak Dana Desa Terhadap Tingkat Ekonomi Dan Sumber Daya Manusia Di Desa Arung Medang Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas

  • Wahab IAIS SAMBAS
Keywords: Dana Desa, Pembangunan Sarana Prasarana/SDM, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan atau program dari dana desa, sertab Dampak Dana Desa terhadap Perekonomian Masyarakat yang ditinjau dari pembangunan sarana prasarana, peningkatan kualitas SDM (baik pendidikan formal maupun non formal) serta tingkat pendapatan masyarakat di Desa Arung Medang Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas.

Penelitian ini dilakukan di Desa Arung Medang Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas yang memiliki 2 Dusun dan 9 RT sebagai daerah penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 97 responden dengan penyebaran sampel sesuai dengan jumlah RT pada 2 Dusun. Pada perangkat desa diambil 10 responden.

Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan metode pengumpulan data yang didapat secara langsung dari responden melalui pengisian kuestioner, wawancara mendalam, melakukan observasi serta dari hasil diskusi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan program pembangunan prasarana dan SDM yang telah direncanakan, pencapaian pembangunan fisik dalam 3 tahun terakhir telah mencapai 70% dari yang ditargetkan dan capaian pembangunan SDM telah direalisasikan sebesar 40% dari yang ditargetkan. Terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai akibat pembangunan sarana prasarana desa dan peningkatan keterampilan masyarakat.

Published
2020-09-04