PERAN PENDIDIK DAN ORANG TUA DALAM PROSES BERMAIN ANAK USIA DINI

  • Sera Yuliantini Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peran Pendidik, Orang Tua, Bermain, Anak Usia Dini

Abstract

Tulisan ini menjelaskan peran pendidik dan orang tua dalam proses pendidikan anak usia dini,yang mana pendidikan itu berlangsung melalui bermain. Adapun peran pendidik dan orang tua dalam proses bermain anak ada dua yakni; secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung pendidik dan orang tua berperan sebagai pemain yang mana maksudnya adalah terlibat dan berinteraksi langsung dengan anak dalam bermain, termasuk dalam merencanakan permainan, menyepakati aturan dan mengikuti permainan bersama-sama. Sedangkan secara tidak langsung pendidik dan orang tua berperan sebagai manejer dan fasilitator, manejer maksudnya adalah mengorganisasikan lingkungan bermain aman dan nyaman, mengatur efisinsi waktu, ruang  yang representative, dan sumber atau bahan-bahan yang dibutuhkan dan fasilitator maksudnya  adalah memberikan bimbingan atau bantuan termasuk mengajarkan keterampilan dan menginterprestasiakan bermain untuk anak. Ia juga dapat bertindak sebagai orang yang dapat membantu anak

References

Coleman, 2001, Empowering Family-Teacher Partnership Building Connections within Diverse Communitie (Los Angeles: Sage Publication.
Diane, Papalia E. & Olds, W. Saaly, 1986, Human Development, New York: McGrow-Hill book Company.
Docket, S. & Fleer, M., 2000, Play and Pedagogy in Early Childhood, Banding and Rule, London: Harcourt Publishers International.
Dodge, D.T, et al., 2002, The Creative Curriculum For Preschool, Woshington, DC: Teaching Strategis Inc.
Erikson, H. Erik, 1963, Childhood And Society, Second Edition Revised and Enlarged, New York: WW. Norton & Company.
Essa E. L., 2014, Introduction to Early Childhood Education, Singapore: Cengange.
Feldman, Papalia Olds, 2009, Human Development Edisi 10, Perkembangan ManusiamBuku 1, Jakarta: Salemba Humanika.
Halgunseth, L. C. & Peterson, A. Family Engagement, Diverse Families, and Early Childhood Education Programs: An Integrated Review of the Literature, 2009, hlm. 14. Diakses dari http://www.naeyc.org/files/naeyc/file/research/FamEngage. Pdf pada tanggal 9 Januari 2015.
Hurlock B. E;pizabeth, 1978, Child Development, McGrow-Hill, Inc. Terjemahan: Meitasari Chandra, Perkembangan Anak, Surabaya:Erlangga.
Masnipal, 2013, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Morrison G. S., 2012, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks.
Nishlah, Hilyatun, Dessy Suciati Saputri, Pendidikan Adalah Gerakan Depok: Republika, 31 Maret 2015.
Patmonodewo, Soemiarti, 2003, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim, 2000, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasyid, Harun, Mansyur dan Suratno, 2012, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gama Media.
Suyadi dan Mualidiya Ulfah, 2013, Konsep Dasar PAUD, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Slamet, 2005, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Ulfah, Fari, 2015, Manajemen Paud Pengembangan Jejaring Kemitraan Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2020-07-03
Section
Articles