Pengembangan Buku Saku Digital Bermuatan Ideal Problem Solving Berbasis Etnomatematika

  • Miri Minarni IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: Buku Saku Digital, IDEAL Problem Solving, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku saku digital bermuatan IDEAL Problem Solving berbasis etnomatematika yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE  yang memiliki lima tahapan  yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development or production (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluastions (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 31 siswa  dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Dan hasil penelitian validasi buku saku digital bermuatan IDEAL  Problem Solving berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah memiliki persentase rata-rata ketiga ahli validasi media  94,20%  dengan kriteria sangat valid. Sedangkan  hasil penelitian validasi ahli materi meemiliki persentase 95,23%. Tingkat kepraktisan memiliki tingkat praktis dengan persentase 80,91% dengan kriteria sangat praktis. Untuk tingkat keefektifan memiliki hasil rata-rata posttes sebesar 80,64%  dengan jumlah 26 siswa yang tuntas, maka hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong efektif

References

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. 3(1), 25–34.
Bransford dan Stein. (1993). The IDEAL Problem Solver. New York. W.H Freeman and Company.
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178.
Darma, Y., Firdaus, M., & Pratama, A. (2017). Analisis Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Materi Kaidah Pencacahan Pada siswa Kelas XII IPS I MAN I Kubu Raya 1,2,3. 438–445.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaran-matematika-inovatif/%5C
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42.
LATIF, N. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Melalui LKPD Etnomatematika Berbasis PBL. Journal of Indonesian Teachers for Social Science and Humanities, 1(2), 1-11.
MEGAWATI, E. (2022). Kegalauan Akan Kesiapan Indonesia Dalam Pandemik Menuju Endemik & Belajar Daring Menuju Luring (hal: 205-212).
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI UNIT KOPLING DAN KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGOPERASIANNYA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMOTIF SMK NEGERI 2 TARAKAN. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Nurrabiatul. (2022). Skripsi Pengembangan Bahan Ajar Saintifik Berbasis Etnomatematika pada Budaya Bima Press
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah mlaten. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438-453.
Putrawansyah, F., & Sardianto, M. S. (2016). Pengembangan digital book berbasis android materi perpindahan kalor di sekolah menengah atas. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 5(4).
Prasetya, A., & Widodo, A. T. (2012). Model Ideal Problem Solving untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas Olimpiade. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).
Prasetya, D. D. (2016). Kesiapan pembelajaran berbasis buku digital. Tekno, 24(2).
Puma, A. S., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2020). Pengembangan Buku Saku Bermuatan Ideal Problem Solving Dalam Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Segedong. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(2), 106–117.
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent pada pokok bahasan trigonometri kelas x SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-110.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130
Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184
Suhartono, S. (2018). Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 215. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.671
Tumanduk, E., Engkeng, S., Rudolf, F., & Maramis, R. (2022). Jurnal Kesmas Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Cuci Tangan pada Peserta Didik SD Negeri Powalutan Kabupaten Minahasa Selatan Jurnal Kesmas. Jurnal Kesmas, 12(1), 25–28.
Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis buku digital elektronic publication (EPUB) menggunakan software sigil pada mata kuliah pemrograman dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 11-16.
Published
2023-11-02
Section
Articles