Evaluasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Di SMPN 3 Bajeng Kabupaten Gowa

  • Risna Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Rahmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sam'un Mukramin Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Evaluasi, Profesionalisme Guru, Teacher Evaluation, Professionalism

Abstract

Abstrack

In the world of Indonesian education, there are many teachers or educational staff, but not many teachers know how professional teachers perform. Teachers have a very important position in the community environment, both at school and in the community. Teachers play an important role in improving the quality of education, apart from having high knowledge in the substance of the subject area. Professional teacher learning is a determining factor in a quality educational process, so to improve learning and to improve the quality of learning, teacher professionalism must be increased. The aim of this research is to see how professionalism teachers are in learning at SMPN 3 Bajeng. The research method uses the interview method as qualitative research. The results of this research show that the professionalism of teachers in learning at SMP 3 Bajeng is professional, this is because the teachers have been certified and the school has made several efforts to increase teacher professionalism. Even though there are still some teachers who are not yet professional or are still teaching not according to their field or expertise because the subject teachers are still limited and not yet certified, the school will still make efforts so that the teachers at the school will become professional teachers.

 

Abstrak

Dunia pendidikan Indonesia banyak guru atau tenaga pendidik, namun tidak banyak guru mengetahui bagaimanah kinerja guru professional, guru memiliki posisi yang sangat penting dalam lingkungan masyarakat baik disekolah maupun masyarakat guru memegang peranan penting dalam peningkatan mutu pendidikan,selain memiliki pengetahuan yang tinggi dalam substansi bidang mata pelajaran guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas dengan itu untuk melakukan perbaikan pembelajaran dan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran maka harus meningkatkan profesionalisme guru .Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimanah profesionalisme guru dalam pembelajaran di SMPN 3 Bajeng.Metode penelitian menggunahkan metode wawancara sebagai penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam pembelajaran  di SMP 3 Bajeng telah profesional hal ini karna guru-guru tersebut telah bersertifikasi dan sekolah tersebut  telah melakukan beberapa upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Meski masih ada beberapa guru yang belum profesional atau masih mengajar tidak sesuai bidangnya atau keahlian disebabkan guru mata pelajaran juga masih terbatas dan belum bersertifikasi sekolah akan tetap berupaya agar guru-guru disekolah itu akan menjadi guru profesional.

References

Adnan, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 1 Kabupaten Bataeng. Uniiversitas Negeri Makassar, 7(2), 1–28. http:// eprints.unm.ac.id/ id/ eprint/ 12874
Almaajid, R., Siregar, N., Novaliza, A., Arifandi, R., Oktafiana, A., Ayumi, M., & Nasution, I. (n.d.). A n w r u l. 3(April 2023), 312–324.
Ariani, N. (2021). Definisi Konsep Profesi Keguruan. 1(2), 1–8.
Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Pemikiran Keislaman, 04, No, 2, 111.
Arifin, Z. (2021). Peran Guru Di Sekolah Dan Masyarakat. Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(March), 1–19. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1810
Asma, A., Jannah, M., Mawardati, R., Juliana, J., & Fitria, N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Google Form dan Quizizz. Ikhlas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.55616/ikhlas.v1i1.411
Aspi, M. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Bahri, S., Nurzamli, N., & Mutaleb, A. (2022). Evaluasi Kinerja Profesionalisme Guru Terhadap Anak Didik (Studi Di SMA Negeri 1 Samudera). Asia-Pacific Journal of Public Policy, 8(2), 90–95. https://doi.org/10.52137/apjpp.v8i2.130
Basri, B. (2019). Evaluasi Profesionalisme Guru. Jurnal Sains Riset, 7(3), 33–39. https://doi.org/10.47647/jsr.v7i3.22
Desti. (2023). Pengembangan Standar Kompetensi Guru Di SD Negeri 1 Bamban Barito Timur Kalimantan Tengah. 2(1), 17–30.
Fauzi, M. A., Islam, U., Sayyid, N., Rahmatullah, A., Mutohar, P. M., Islam, U., Sayyid, N., Rahmatullah, A., & Harsoyo, R. (2023). Implementasi Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 1 Nganjuk. 4(1), 1–14.
Firdaus, A. M. (2019). “Profesional Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” 1810130110017, 1–25.
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 1–17.
Harahap, N. F. (2023). Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTS Zia Salsabila. Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(4), 2013–2018.
Hifziannor, M. (2023). Peningkatan Mutu Belajar Peserta Dididk Melalui Praktik Profesionalisme Guru. 1, 17–28.
Husaini, R. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmaih Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1–15.
Ilyas. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaraan (JIEPP), 2(Nomor 1), 34–40.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 1, 1–9.
Maharani, S. I., Chotimah, C., & Sulistyorini. (2023). Strategi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. 2(1), 51–61.
Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775.
Nalapraya, S. P. (2023). Tugas, Peran, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. 1–12.
Siahaan, A., Supardi, S., Wardani, W., Fauzi, Z. A., Hasibuan, P. M., & Akmalia, R. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 9189–9196. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1723
Suardipa, I. P. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https:// doi.org/ 10.58569/ ilma.v1i2.587
Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569
Usiono, Rica Widiastuty, A. (2021). Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 55–65.
Published
2023-12-14
Section
Articles