Analisis Teknologi Pendidikan Era 4.0 dalam Menciptakan Generasi Emas Indonesia
Abstract
Teknologi telah menjadi faktor utama yang mendorong transformasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penggunaan teknologi tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Analisis penelitian bertujuan mengkaji fenomena kesenjangan yang terjadi dalam menghambat proses pendidikan membentuk generasi emas di Indonesia sehingga menguntungkan pihak guru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Metode ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi berbagai fenomena yang terkait dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan dampaknya terhadap kualitas generasi muda di Indonesia. Hasil penelitian menemukan bahwa Indikator keberhasilan teknologi pendidikan di era 4.0 bagi generasi muda meliputi keterampilan abad ke-21, literasi digital, personalisasi pembelajaran, dan akses pendidikan merata. Kebijakan yang mencakup infrastruktur, pelatihan guru, integrasi teknologi, akses digital, keamanan data, kolaborasi industri, dan evaluasi berkelanjutan memastikan dampak positif teknologi bagi Generasi Emas Indonesia.
References
Aifan, H. (2021). Implementing a project-based collaborative learning approach using powerpoint to improve students’ 21st-century skills. E-Learning and Digital Media, 19(3), 258-273. https://doi.org/10.1177/20427530211030642.
Amran, A., Perkasa, M., Satriawan, M., & Jasin, I. (2020). Internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran sains berbasis model pembelajaran karakter esd untuk mempersiapkan generasi emas 2045.. https://doi.org/10.31219/osf.io/6482j.
Andriyanty, R. and Dewi, D. (2021). Faktor-faktor sosial yang mempengaruhi gaya hidup cinta produk dalam negeri generasi muda indonesia. Sosio Informa, 7(1). https://doi.org/10.33007/inf.v7i1.2626.
Andriyanty, R. and Yunaz, H. (2020). Model gaya hidup konsumen dalam memilih produk makanan dalam negeri. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 82-95. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4024.
Cheung, S., Kwok, L., Phusavat, K., & Yang, H. (2021). Shaping the future learning environments with smart elements: challenges and opportunities. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00254-1.
Cukurova, M., Luckin, R., & Kent, C. (2019). Impact of an artificial intelligence research frame on the perceived credibility of educational research evidence. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 30(2), 205-235. https://doi.org/10.1007/s40593-019-00188-w.
Dewi, M. Z. and Listiadi, A. (2021). Pengaruh status sosial ekonomi, pendidikan pengelolaan keuangan keluarga dan literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi siswa akuntansi smk. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3544-3552. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.965.
Dier, M. and Wang, L. (2023). Development of ict-based worksheet on stem-integrated to increase knowledge, data literacy, and technology literacy of high school students. Pillar of Physics Education, 15(4), 287. https://doi.org/10.24036/13542171074.
Firman, F. and Umar, A. (2023). Perencanaan strategis dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3537-3544. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4905.
Goy, A., Petrone, G., & Picardi, C. (2017). Personal and shared perspectives on knowledge maps in learning environments, 382-400. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58515-4_30.
Larasati, D. and Andriani, P. (2022). Pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah dalam rangka mewujudkan karakter generasi muda nasionalis. Protasis Jurnal Bahasa Sastra Budaya Dan Pengajarannya, 1(2), 01-06. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.35.
Malikah, S. and Wafroturrohmah, W. (2022). Konsep pendidikan abad 21 pengembangan sumber daya manusia sma. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2609-2614. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.730.
Maskati, E., Alkeraiem, F., Khalil, N., Baik, R., Aljuhani, R., & Alsobhi, A. (2021). Using virtual reality (vr) in teaching students with dyslexia. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Ijet), 16(09), 291. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i09.19653.
Nafsih, N. and Usmeldi, U. (2022). Green school oriented guided inquiry-based science e-book: effectiveness analysis on increasing environmental literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 8(3), 1355-1360. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.16623100.
Nurhasanah, N., Masitoh, S., Arianto, F., & Ayubi, N. (2022). Development of android application-based early childhood learning devices (paudpedia) during the covid-19 pandemic. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(09), 231-238. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i09.31703.
Papell, G., Coral, J., Barrón, Á., Fernández-Morilla, M., Fuertes, M., Ruíz-Morales, J., … & Hernández, À. (2019). Didactic strategies to promote competencies in sustainability. Sustainability, 11(7), 2086. https://doi.org/10.3390/su11072086.
Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing students’ digital literacy skill in senior high school yogyakarta. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 169. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168.
Pratiwi, N. (2023). Rencana pembelajaran ips menggunakan model value clarification technique di sekolah dasar.. https://doi.org/10.31219/osf.io/yzch5.
Saputri, F. (2023). Utilizing technology development as a support of students towards a golden generation in the era of the industrial revolution 4.0. Digital Press Social Sciences and Humanities, 10, 00004. https://doi.org/10.29037/digitalpress.410427.
Tu, P., Yipin, L., & Liu, Y. (2022). Ai-based equipment optimization of the design on intelligent education curriculum system. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022, 1-13. https://doi.org/10.1155/2022/3614883.
Ülker, N. (2023). Total quality management in the context of university 4.0: new game new rules. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1146965.
Wardaya, A., Kurniawan, N. B., & Siagian, T. H. (2022). Kebijakan publik di bidang pendidikan: pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa dengan kemampuan teknologi digital sebagai variabel mediasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7332.
Wardhani, D., Handayani, F., & Fahrezi, M. (2022). Komunikasi organisasi internal kepada pegawai milenial untuk membentuk komitmen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 203. https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4995.
Xu, X. (2024). The impact of a personal learning environment on chinese postgraduates’ online self-regulated learning skills/impacto de un entorno personal de aprendizaje en las aptitudes de aprendizaje autorregulado en línea de estudiantes de posgrado en china. Journal for the Study of Education and Development, 47(1), 173-205. https://doi.org/10.1177/02103702231225382.
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya pendidikan karakter untuk membangun generasi emas indonesia. Cermin Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969.