PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WACANA INTELEKTUAL MUSLIM DAN KHAZANAH PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Konsep pendidikan karakter dalam Islam memiliki ciri khas yang tidak terdapat dalam konsep pendidikan karakter lainnya. Ciri khas tersebut bertumpu pada lima segi pokok, yaitu nurani akhlak (moral consicience); paksaan akhlak (moral obligation); hukum akhlak (moral
judgement); tanggung jawab akhlak (moral responsibility); dan ganjaran akhlak (moral reward). Pendidikan karakter yang terdapat dalam wacana intelektual muslim dan khazanah dunia pendidikan Islam, hendaknya bukan hanya ditujukan untuk membuktikan kesungguhan
Islam dalam membangun karakter bangsa, atau mengaguminya, melainkan yang terpenting adalah melanjutkan usaha-usaha yang telah dirintis para intelektual muslim tersebut di masa sekarang dan akan datang dengan cara lebih inovatif dan kreatif lagi, sesuai dengan tantangan zaman, waktu dan tempat di masa sekarang dan yang akan datang. Demikian pula adanya pendidikan karakter yang terdapat dalam khazanah dunia pendidikan Islam, selain untuk dijadikan bahan inspirasi bagi para pemangku pendidikan untuk membangun pendidikan karakter di masa seka-rang dan yang akan datang, juga untuk menemukan strategi pendidikan karakter yang lebih efektif lagi bagi pembinaan uamt di masa sekarang dan akan datang.