KLARIFIKASI PERHITUNGAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI I WARIS TERINTEGRASI HUKUM WARIS

  • Nadya Febriani Meldi Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Bistari Bistari Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Sugiatno Sugiatno Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Asep Nursangaji Universitas Tanjungpura Pontianak
Keywords: Aplikasi I-Waris, Hukum waris, mengklarifikasi, perbandingan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan perhitungan waris secara manual dengan bantuan aplikasi I-Waris sebagai sarana klarifikasi untuk melihat kembali permasalahan perhitungan perbandingan dalam hukum waris. Namun, ia tidak difokuskan untuk melatih kemampuan berpikir secara holistik sesuai dengan tujuan dari aplikasi ini dikembangkan. Untuk mencapai klarifikasi perhitungan manual, dilakukan dengan mengecek menggunakan aplikasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengklarifikasi hasil perhitungan yang dibantu oleh aplikasi I-Waris dengan pekerjaan manual sesuai dengan ketentuan hukum waris. Perhitungan manual maupun klarifikasi menggunakan aplikasi memiliki kelebihannya tersediri. Uraian perhitungan manual yang dihasilkan menjadi rekomendasi untuk melatih kemampuan berpikir dan pemecahan masalah. Adapun penggunaan aplikasi lebih efektif dalam proses dan sangat membantu dalam memastikan kebenaran penghitungan. Dari dua permasalahan yang dibahas, koherensi hasil perhitungan manual maupun aplikasi diperoleh senilai.

References

Agama, K. (2020). Menggapai berkah dengan mawaris. In SMA Kelas XII (p. 226).

Alam, M., Tabasum, R., & Waseem, Y. (2014). ASTRONOMICAL IMPROVE MODEL OF PRAYER TIMING WITH ERROR ANALYSIS. Proc. 12th International Conference on Statistical Sciences Karachi, Pakistan, 107–120. https://www.researchgate.net/publication/264555028_ASTRONOMICAL_IMPROVE_MODEL_OF_PRAYER_TIMING_WITH_ERROR_ANALYSIS

Azizi, A. L. (2010). Analisis kesesuaian guru mata pelajaran dengan latar belakang akademik di mts sudirman tempuran kabupaten magelang (tinjauan standar nasional pendidikan). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

Babalola, K. O. (2017). THE INHERITANCE OF LEGAL HEIRS:MATHEMATICAL PRESENTATION. https://www.researchgate.net/publication/319507818_THE_INHERITANCE_OF_LEGAL_HEIRS_MATHEMATICAL_PRESENTATION

Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(September), 353–364.

Heleni, S., & Apriani, M. (2019). Implementation of Mathematics Learning For Mentally Retarded Children at 6 th Grade of Pelita Hati Special School Pekanbaru. 978–979.

Hodaňová, J., & Nocar, D. (2016). Mathematics importance in our life. Proceedings of INTED2016 Conference, 3086. https://doi.org/10.21125/inted.2016.0172

Itqan, M. S., Syaroni, W., & Tholib, A. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “HITUNG CEPAT MATEMATIKA.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 113–119. https://doi.org/10.36564/njca.v3i2.77

Kholiye. (2022). Pemodelan bilangan pecahan dalam al- qur’an.

Latifah, U. (2021). THE ALGORITHMIC ANALYSIS OF PRAYER TIMES ON SUNCLOCK APPLICATION.

Lucia Csachová. (2021). Broadening experiences in elementary school mathematics. Symposium, International Teaching, Elementary Mathematics, 267–307. https://www.semt.cz/proceedings/semt-21.pdf#page=157

Meldi, N. F., Khoriyani, R. P., Susanti, W., Ahmad, D., & Rif’at, M. (2022). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PERKULIAHAN MATAKULIAH KALKULUS INTEGRAL DALAM PENYELESAIAN LUAS DAERAH ANTARKURVA. Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 8(2), 156–167. https://doi.org/10.37567

Meldi, N. F., T, A. Y., & Suratman, D. (2022). PENYELESAIAN PERSAMAAN BENTUK KUADRAT BERBANTUAN APLIKASI PHOTOMATH BERDASARKAN SISTEM BILANGAN REAL. Variabel, 5(2), 83–98. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/jvar/article/view/3224/pdf

Mohamoud, M. A. (2017). Tracing the Shadow : Mathematical Calculation of Prayer Times Using Spherical Trigonometry. Middle-East Journal of Scientific Research, 25(8), 1650–1663. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2017.1650.1663

Mujib, Mardiyah, Komarudin, Rahmah, M., Pranata, D., Dwi, C., & Novitasari. (2019). Comparative Study of Fractional Numbers on the Division of Inheritance Based on Islamic Law and Law of Lampung Pesisir Tribe Comparative Study of Fractional Numbers on the Division of Inheritance Based on Islamic Law and Law of Lampung Pesisir Tribe. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012075

Nurhakim, L., Badaruddin, & Yani, A. (2022). MEMERIKSA KEMBALI (LOOKING BACK) PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MENGGUNAKAN WEBSITE. ADIBA, 2(4), 461–468.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal (Vol. 42, Issue ABSTRACT). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ab:p]2.0.co;2

Petr, D. W. (2001). Session T3A CROSS-CHECKING AND GOOD SCORES GO TOGETHER : STUDENTS SHRUG Session T3A. 31st ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference, 7–12.

Pitriani, Y., & Octaviaini, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287–298.

Polya, G. (n.d.). How to solve it. Princeton University Press.

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2018). The Applying of Hypothetical Learning Trajectory (HLT) on Comparison Material Using Nisab Zakat Theory toward The Student’s Learning outcomes. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 135–146.

Ramadhan, M. S. (2020). 30% Guru Mengajar Tak Sesuai Latar Belakang Pendidikan. Madcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8KyX8BEk-30-guru-mengajar-tak-sesuai-latar-belakang-pendidikan30-guru-mengajar-tak-sesuai-latar-belakang-pendidikan

Royani, M., & Saufi, M. (2017). Internalization of Values in Learning of Zakat by Using the Concept of Percentage. 100, 305–308.

Salout, S. S., Behzadi, M.-H. A. S., & Manuchehri, M. (2013). Students’ Conception about the Relation of Mathematics to Real-Life. International Scientific Publications and Consulting Servoce in Mathematics Education Trends and Research, 1, 1–7. https://doi.org/10.5899/2013/metr-00009

Shuriye, A. O., & Daoud, J. I. (2011). Islamic Mathematical Sciences. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(3), 51–59. https://doi.org/1991-8178Corresponding

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). CV. ALFABETA.

Williams, R. (2020). The Use of Digital Applications and Websites in Completing Math Assignments The Use of Digital Applications and Websites in Completing Math Assignments. Concordia University - Portland, [email protected]. https://digitalcommons.csp.edu/cup_commons_grad_edd/452 %0D

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (n.d.). PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKANLANGKAH-LANGKAH POLYA Muhammad Yani , M . Ikhsan , dan Marwan Program Studi Pendidikan Matematika , Universitas Syiah Kuala. 2, 43–58.

Published
2023-01-23