PENERAPAN DESAIN RPP PADA MATA PELAJARAN PAI MENURUT PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 DI MADRASAH KABUPATEN KAYONG UTARA
Abstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu instrumen penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru dapat mendesain sebuah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing rombongan belajar atau kondisi peserta didik yang memiliki kemampuan belajar berbeda. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka terhadap sumber-sumber yang terkait dengan tema pokok bahasan. Artikel ini memuat tiga RPP dari tiga tingkatan pendidikan yang berbeda. Berdasarkan ketiga RPP yang dimuat dalam artikel ini, semuanya dapat menjadi contoh dalam pembuatan RPP menurut Permendikbudristek RI Nomor 16 Tahun 2022. Namun RPP tersebut masih dapat dikembangkan dengan mengacu kepada beberapa komponen pendukung dalam perencanaan pembelajaran.
References
Adnan & Mujahidin. (2014). Panduan Penetian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Aly, Hery Nur. (2003). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Amalia, Rizki. (2010). Skripsi. “Minat Guru PAI Terhadap Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Penelitian Terhadap Guru Agama Islam di SDN Kelurahan Pondok Kelapa”. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anwar, M. Ahmad. 1975). Prinsip-Prinsip Metodoli Research. Yogyakarta: Sumbansih.
Apriani, Tika Hizria. (2022). Skripsi. “Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMPN 19 Kota Bengkulu”. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Arisanti, Desi. (2015). Skripsi. “Analisis Perencanaan Pembelajaran Guru PAI Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMPN 5 Malang”. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Fadli, Muhammad Rijal dan Kumalasari, D. (2019) Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Lama (Periode 1945-1966). Jurnal Agatasya, 7 (2), 157-171.
Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga
Hakim, Lukmanul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Majid, Abdul dan Andayani Dian. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mas’ud, Ibnu. (2015). Skripsi. “Analisis Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) Di SMAN 1 Luragung Kabupaten Kuningan”. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Nata, Abuddin. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.
Octofrezy, Permana. (2020). Menakar Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam Di Indonesia Era Reformasi (Presiden Habibie Sampai Presiden Jokowi Jilid I). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Fahim, 2 (2), 13-38.
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab I, pasal 2, ayat (1).
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia RI Nomor 22 Tahun 2016
Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam, napaktilas perubahan konsep, filsafat dan metodologi pendidikan islam dari era nabi SAW sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia.
Rifa’i, Muhammad. (2011). Sejarah Pendidikan Nasional. Dari masa klasik hingga modern. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suparno, Paul dkk. (2002). Reformasi Pendidikan, Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Syahal, Saprudin, P. 2014, 17 Desember, Kebijakan Stategis Era SBY. Kompasiana.com. Diakses dari https://www.kompasiana.com/padlilsyah/54f39506745513a32b6c7a5b/kebijakan-pendidikan-strategis-era-sby
Tilaar. (1995). 50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945-1995: Suatu Analisis Kebijakan. Jakarta: Gramedia.
Yuningsih, Heni. (2015). Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru. Jurnal Tarbiya, 1 (1), 175-194.
Zuhairini. (1995). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press.