PEMANFAATAN MEDIA SMART HAFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI

  • Masithah Masithah STAI Syekh Abdur Rauf Aceh Singkil
Keywords: Media, Smart hafiz, Meningkatkan hafalan al-Qur’an, Usia Dini

Abstract

Smart hafiz merupakan salah satu media pembelajaran masa kini bagi anak-anak, smart hafiz ini sangat disukai oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan media Smart hafiz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an bagi Anak-anak usia dini di PAUD Miftahul Jannah Desa Peragusan Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data diambil dari hasil wawancara yang mendalam. Hasil penelitian bahwa pemanfaatan media smart hafiz oleh anak-anak PAUD Miftahul Jannah adalah sebagai media pembelajaran yang mendukung dalam menghafal. Selain itu juga bermanfaat untuk media belajar yang menyenangkan untuk anak-anak, media belajar yang menarik untuk mengenalkan al-Qur’an sejak usia dini, mengasah kemampuan anak dalam melihat dan mendengarkan cerita yang ada didalam fitur smart hafiz, sehingga meningkatkan hafalan al-Qur’an anak usia dini. Media smart hafiz sangat berdampak bagi hapalan anak-anak, terlihat begitu banyaknya anak-anak yang sudah menghapal ayat-ayat pendek dengan jangka waktu yang pendek.

References

Anggraeni, D., & Gustiana, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap Keterampian Bicara Anak. Jurnal Pelita Paud, 4(2), 139–149.

Ansari, M. uhammad I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180–194. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/359

Ashhofa, B. (2007). Metode Penelitian Hukum. Rineka Cipta.

Camelia, F. (2020). Implementasi Kebijakan Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/473

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Raja GrafindoPersada.

Hafidz, A. S., & Arini, N. W. (2022). Pengembangan Media Noel Game Berbasis Android untuk Pembelajaran Noun di Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 6(5), 9188–9204. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3700

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81.

Julianti, S. R., & Munastiwi, E. (2021). The Use of Electronic-Based Educational Game Tool “Smart Hafiz” In Stimulating Early Childhood Developmentin The Pandemic Era. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 136–145.

Kamil, K. (2017). Pendidikan Karakter dalam Wacana Intelektual Muslim dan Khazanah Pendidikan Islam. Alwatzikhoebillah (Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Dan Humaniora), 3(6), 184–195. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1

Khairuddin, K. (2020). KHAZANAH ADAT DAN BUDAYA SINGKIL: Mengungkap Keagungan Tradisi dan Memelihara Kebudayaan. Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=stUvEAAAQBAJ

Linnaja, N., & Imron, A. (2021). Pendidikan Karakter Santri Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/1731

Mashud, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358.

Nurlaili, N., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Muroja’ah Sebagai Metode Manghafal Al-Quran Studi Pada Rumah Tahfiz Yayasan Ar-Rahmah Nanggalo Padang. Menara Ilmu, XIV(02), 73–82.

Pongtiku, A., Kayame, R., Rerey, V. H., Soeprapto, T., & Resubun, Y. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Saja. Nulisbuku.

Rachman, R. (2021). Penentuan Pola Penjualan Media Edukasi dengan Menggunakan Metode Algoritme Apriori dan FP-Growth. Akreditasi Ristekdikti, 23(1), 75–84. https://doi.org/10.31294p.v23i1.9884

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.

Trisnawati, T., Widiana, Y. W., & Supriatna, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf di TKIT Bina Insani Kelompok Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Tahsinia, 11(1), 90–98.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

Published
2023-02-05