BUDAYA LITERASI PESANTREN DALAM KARYA SASTRA

Pendidikan Literasi di Pondok Pesantren Sains Salman Assalam Cirebon

  • Wulandari Wulandari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Manajemen Pendidikan, Literasi, Budaya Literasi, Pesantren

Abstract

Penelitian ini penting untuk dilakukan untuk melihat sejauh mana manajemen pendidikan literasi dan proses pembentukan budaya literasi yang ada di pesantren Sains Salman Assalam, sehingga mampu melahirkan para santri yang memiliki banyak karya yang bisa dicontoh dan menginspirasi pesantren lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yakni menganalisis data berupa data-data tertulis atau wawancara secara langsung dengan orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati agar penelitian mampu memberikan gambaran secara menyeluruh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pendidikan literasi di Pesantren Sains Salman Cirebon dilakukan dengan beberapa tahapan: Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan dan Pengawasan. Sedangkan proses pembentukan budaya literasi di pesantren Sains Salman diawali dengan menentukan orientasi, tidak sekedar mengajak, namun juga lebih kepada meneruskan tradisi yang sudah ada sebelumnya dalam menanamkan nilai-nilai literasi kepada para santri dengan melakukan berbagai upaya seperti penanaman spirit secara kultural dan pembiasaan di lingkungan pesantren melalui 2 pilar utama dalam pembentukan karakter santri, yaitu Figur pengasuh sebagai the Role Model dan juga kegiatan yang telah berjalan rutin di pesantren

References

Ahmad Ali Azim. (2019). Tradisi Literasi Pesantren (Manajemen Pendidikan Literasi Di Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Yogyakarta) [UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id

Ahmad Sofyan Hadi, D. (n.d.). PEMANFAATAN VARIASI NOVEL UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DI LINGKUNGAN SANTRI. Researchgate.Net. Retrieved October 8, 2021, from https://www.researchgate.net/profile/Prima-Vidya-Asteria/publication/318310674_PEMANFAATAN_VARIASI_NOVEL_UNTUK_MENGEMBANGKAN_LITERASI_DI_LINGKUNGAN_SANTRI_SMA_ASSA’ADAH_SAMPURNAN_BUNGAH_GRESIK/links/59623e45aca2728c11046b1f/PEMANFAATAN-VARIASI-NOVEL-UNTUK

Anwar, R. K., Komariah, N., & Rahman, M. T. (2017). Pengembangan Konsep Literasi Informasi Santri: Kajian di Pesantren Arafah Cililin Bandung Barat. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 131–142. https://doi.org/10.15575/jw.v2i1.964

Fitriah, N. (2018). Managemen Pengembangan Kultur Literasi di MTs Kota Batu. Manejemen Pendidikan Islam, 03(02), 63–71.

Fuji E Permana. (2019). Pengamat: Literasi Menulis di Pesantren Masih Lemah | Republika Online. Www.Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/pkvflt428/pengamat-literasi-menulis-di-pesantren-masih-lemah

Hasan Baharun, L. R. (2020). Ghirah Belajar Santri Melalui Literasi Pesantren. Jurnal Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(01), 108–117.

Hidayat, Z. (2022). Profil Yayasan dan Pesantren Sains Salman As-Salam. Ponpes Sains As-Salam.

Khoiriyah, N. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menguatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas 4 SD ANAK SHALEH Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maskur, A. (2019). Penguatan Budaya Literasi di Pesantren. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.21

Muhammad Iqbal. (2020). Meningkatkan Budaya Literasi Santri Pada Pesantren Terpadu di Aceh. Ibrah, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 17–33.

Mursalim. (2017). Penumbuhan Budaya Literasi Dengan Penerapan Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Ca L L S, 03(01), 31–38.

Nurcholish Madjid. (1997). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Proses Perjalanan. Paramadina.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Literasi. Seminar Bulan Bahasa UNIB 2015.

Sholehah, S., & Kati, S. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Membaca. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 22. https://doi.org/10.31942/MGS.V11I1.3466

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Published
2023-02-05