Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar

Studi pada Anak Kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas

  • Sera Yuliantini Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Pingky Melaty Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Permainan Maze, Aspek Perkembangan Anak, Motorik Kasar Anak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil dari permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ditempuh dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pendahuluan, inti, penutup, di mana permainan Maze dilakukan pada kegiatan inti yakni pada proses penyampaian materi pembelajaran. Selain itu, hasil pelaksanaan permainan Maze dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar pada anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Bhinneka Darma Wanita Persatuan Sambas tampak pada peningkatan aspek perkembangan motorik kasar seperti anak dapat melompat, berjalan, berjinjit, melangkah, dan menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terjatuh.

References

Destia, S. (2020). Penerapan Permainan Maze Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di PAUD Alamanda di Kecamatan Tanjung Bintang. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Prenada Media Group.

Fatmawati, F., & Anjarsari, P. (2021). STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), Article 2.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Fenomoenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Haque, A., & Arini, R. (2014). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A di TK Al Fitroh. Jurnal Jurusan PG-PAUD FIP, 3.

Isalamah, L. (2021). Merancang Membuat APE untuk Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Mahdi, A., & Mujahidin. (2014). Penelitian Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Makhmudah, S. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Jakarta: Guepedia.

Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marswendy, B. (2009). Human Development. Selemba Humanika.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (pp. 1–31).

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasyid, H., Mansyur, & Suratno. (2012). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini (G. D. Media, Ed.).

Rohmah, N. (2016). BERMAIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8.

Ruslan. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Gramedia.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid I. Sukabumi. CV. Jejak.

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Nilacakra.

Umrati. (2020). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI], Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitafif (M. Rohmadi (ed.)). Surakarta: Yuma Pustaka.

Published
2023-07-01