PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN YANG HARAM MELALUI METODE PENCARIAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Jamalia SMP Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya
Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pencarian Informasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas VIII.A SMP Negeri 1 Batu Ampar yang masih melakukan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab. Ini menyebabkan  siswa pasif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan. Ini juga  mengakibatkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah metode pencarian informasi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran melalui metode pencarian Informasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Batu Ampar tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi makanan dan minuman yang halal dan yang haram kelas VIII.A menerapkan metode pencarian informasi sudah berjalan dengan baik dan lancar di SMP Negeri 1 Batu Ampar. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar dalam PAI pada materi makanan dan minuman yang halal dan yang haram setelah menerapkan metode pencarian informasi di SMP Negeri 1 Batu Ampar.  Hal ini ditunjukkan dari hasil siklus 1 dengan nilai rata-rata mencapai 67,50%. Sedangkan pada siklus 2, nilai rata-ratanya 78,50%.

References

A. D, G. (2018). JUrnal Pendidikan Konvergensi: Juli 2017 (21st ed., Vol. 5). Sang Surya Media.

Akbar, T. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Pencarian Informasi Pada Siswa Kelas VIII SMP ALMUBARAK Pondok Aren [BachelorThesis, FITK UINJKT]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34624

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

AZIM, F. (2014). Penerapan strategi pembelajaran aktif metode information search dan role play dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fiqih. https://123dok.com/document/7qvrk11y-penerapan-strategi-pembelajaran-metode-information-search-meningkatkan-belajar.html

Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), Article 1.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), Article 1.

Hidayat, A. (2017). KESENJANGAN SOSIAL TERHADAP PENDIDIKAN SEBAGAI PENGARUH ERA GLOBALISASI. Justisi: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400

Ihsan, H. F. (2005). Dasar-dasar kependidikan. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=61202

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik: Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14

Monawati, M., & Fauzi, F. (2018). HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

M.P, D. L. S., S. P. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Elex Media Komputindo.

Musyarofah, A. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(2), Article 2.

NGAINUL YAQIN, 17201153116. (2019, August 8). KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS ISI PEMIKIRAN PROF. DR. H. MUHAIMIN, M.A.) [Skripsi]. IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/12833/

Nurjannah, N., & Aci, N. O. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.144

Perdana, S. A., & Slameto, S. (2016). PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), Article 2. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/9300

Puniman, A., & Kadarisman, K. (2017). PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.1

Razak, A. A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582

Sa’diyah, U. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Melalui Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadist Di MI Darul Ulum Sumberrejo Waway Karya. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(4), Article 4.

Saleh, M. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI SEJARAH PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN MASA BANI UMAYAH MELALUI STRATEGI INFORMATION SEARCH DI KELAS VII-9 SMP NEGERI 1 PADANG SIDEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Mutawassit: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1.

Saputra, D. N., Jumadi, Kholil, A., Selegi, S. F., Murjainah, Agus, Setia, A., Sinaga, K., & Farisi, A. (2021). Landasan Pendidikan. Media Sains Indonesia.

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(5), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.53

Thaib, M. I. (2018). Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam. Intelektualita, 4(1), Article 1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/3944

Published
2023-02-05