PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI MENGAPRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL DI KELAS VII.A SMP NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Sugeng Haryanto SMP Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya
Keywords: Model Pembelajaran Bermain Peran, Kegiatan Belajar

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas VII.A SMP Negeri 1 Batu Ampar mengenai identifikasi unsur instrinsik pada novel dan drama, ditemukan berbagai hambatan yang berasal dari guru dan siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Hambatan dalam mengidentifikasi unsur instrinsik novel dan drama yaitu kurangnya minat siswa untuk membaca novel dan drama karena untuk membaca novel dan drama dibutuhkan waktu yang cukup Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran role playing selama kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII.A SMP Negeri 1 Batu Ampar.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 1 Batu Ampar dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran role playing secara efektif mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas VII.A di SMP Negeri 1 Batu Ampar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus yaitu; 66,76% pada siklus 1, dan 77,64% pada siklus 2. Melalui penerapan model pembelajaran teknik bermain peran, teridentifikasi bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Peningkatan terjadi karena siswa telah membaca buku di rumah sebelum belajar sehingga pada saat diskusi siswa fokus belajar. Di samping itu, guru memotivasi siswa untuk berpartisipasi dalam timnya dan pentingnya melakukan diskusi dengan kelompok. 

References

Basri, B., & Siregar, N. A. (2015). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru (Issue 2) [Journal:eArticle, Riau University]. https://www.neliti.com/publications/32546/

Dawson, V. (2007). An Exploration of High School (12–17 Year Old) Students’ Understandings of, and Attitudes Towards Biotechnology Processes. Research in Science Education, 37(1), 59–73. https://doi.org/10.1007/s11165-006-9016-7

Halimah, A. M. (2017). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KELILING KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 013 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4376

Hartono, J. (2022). PORTOFOLIO DAN ANALISIS INVESTASI: Pendekatan Modul.

Herlina, E., Gatriyani, N. P., Galugu, N. S., Rizqi, V., Mayasari, N., Feriyanto, Junaidi, Nurlaila, Q., Rahmi, H., Cahyati, A., Wahyudi, Ratnadewi, Azis, D. A., & Saswati, R. (2022). Strategi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. https://www.semanticscholar.org/paper/Pembelajaran-kontekstual%3A-konsep-dan-aplikasi-%2F-Komalasari/bd482b8cc3786a6d62075ede0f16db343e96bc87

Kurniasih, I., & sani, berlin. (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran: Untuk peningkatan profesionalitas guru | Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kata Pena. //pustaka.kemdikbud.go.id%2Flibdikbud%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D37059

Mana, L. (2017). PENGEMBANGAN RPKPS DAN SAP MENYIMAK BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.986

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya, Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Natsir, N. (2017). HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PEMEROLEHAN DAN PEMBELAJARAN BAHASA.

Nuryati, N., & Rangganis, R. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i2.939

ROBIATUL ADAWIYAH. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PBL BERBASIS FAKTA (ROLE PLAYING VS PROBLEM SOLVING) DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MATERI LINGKUNGAN HIDUP [Masters, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/30501/

Thobroni, M. (2011). Belajar & pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional (Cet. 1.). Ar-Ruzz Media.

Thohir, M. F. (2019). PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN PKn. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 42–47. https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2922

Tisngati, U., & Meifiani, N. I. (2014). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v1i2.109

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283–290. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173

Yohana, F. M., Pratiwi, H. A., & Susanti, K. (2019). Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster Pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 3(1), Article 1.

Published
2023-02-05