Perilaku Produsen Berbasis Sumber Daya Manusia dalam Dunia Industri
Abstract
Dewasa ini, perkembangan teknologi membuat sektor ekonomi global ikut berkembang karena teknologi ini akan membantu aktivitas produksi sebuah usaha. Untuk itu, poin penting dalam dunia ekonomi adalah bagian produksi.Tanpa adanya produksi, bagian distribusi dan konsumsi tidak bisa berjalan dengan baik. Kegiatan produksi ini juga berkaitan erat dengan perilaku produsen. Produsen merupakan pihak yang berperan dalam menaikan nilai guna sebuah barang atau jasa. Dalam dunia kerja, perilaku produsen itu ada yang baik dan ada yang tidak. Ada yang jujur dan ada yang tidak jujur. Perilaku produsen pada sumber daya manusia sangat memegang peran dalam menjalankan strategi perusahaan. SDM di sini bertindak sebagai pengolah sumber daya atau pihak yang melakukan produksi secara tepat guna sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Apabila SDM tidak di kelola dan dirancang dengan baik akan menyembabkan ketimpangan dalam strategi perusahaan. Penelitian ini menkaji “Analisa Perilaku Produsen Berbasis Sumber Daya Manusia di dalam Industri” dengan tujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia dan meminimalisir biaya produsi untktuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan atau library research. Hasil penlitiannya: perilaku produsen baik di lingkungan internal dan eksternal mampu menggerakkan sumber daya manusia dan sistem produksi demi mencapai tujuan usaha yaitu keuntungan yang tinggi.
References
ANNISAA FAIQOTUL MUKAROMAH, 12402173314. (2021, September 7). ANALISIS PERILAKU PRODUSEN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Di UKM Gethuk Pisang UD Mulya Rasa) [Skripsi]. IAIN Tulungagung. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
BPOM Serang. (2017). Badan Pengawas Obat dan Makanan—Republik Indonesia. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/13204/Sidak-Pasar-Tradisional--Masih-Ditemukan-Penyalahgunaan-Bahan-Berbahaya-Pada-Pangan.html
Bukit, B. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Zahr Publishing.
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
GUSTINA, S. P. (2022). ANALISIS PENGARUH MODAL DAN PERILAKU PRODUSEN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jaya Bakery Way Dadi Baru Sukarame Bandar Lampung) [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/19561/
Harfika; (2016). Teori perilaku produsen dalam ekonomi islam dan ekonomi konvensional (Studi perbandingan) (Palopo). Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam. //opac.iainpalopo.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D16641%26keywords%3D
Ma’rifah, A. N. (2023). Tingkat Literasi Aksesibilitas Wisatawan Domestik di Indonesia. EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Pariwisata, 1(1), Article 1. https://glorespublication.org/index.php/ekodestinasi/article/view/35
Millah, N. (2019). Perilaku Produsen Gula Merah Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Pada Home Industri Gula Merah Di Dusun Balikbak Hilir Desa Balik Terus Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik) [Undergraduate, IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/1720/
Muhammad. (2016). Ekonomi Mikro Islam. BPFE Universitasn Gadjah Mada Yogyakarta.
Pardanawati, S. L. (2015). Perilaku Produsen Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i01.6
Rosyidi, S. (2012). Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada teori Ekonomi Mikro dan Makro. Raja Grafindo.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhariyanto, T. T., Leuveano, R. A. C., & Suhariyanto, S. (2020). Analisis Manajemen Organisasi dan Sumber Daya Manusia (Studi Kasus pada Industri Velg Mobil). OPSI, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3470
Widigdo, I. (2010). Etos Kerja Wanita Pengrajin Batik Tulis. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jdm.v1i2.2465
Zulkarnain, I., & W, H. N. (2019). ANALISIS PERILAKU PRODUSEN DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANGERANG SELATAN. Inovasi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v6i2.p69-79.3974