Analisis Penggunaan Geogebra Berbantuan Chromebook untuk Memudahkan Siswa Memahami Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII
Abstract
Artikel ini adalah penelitian kualitatif kepustakaan. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka untuk mengumpulkan data kemudian menganalisis data yang terkumpul dengan menggunakan analisis isi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membantu siswa dalam menggunakan aplikasi geogebra berbantuan chromebook sehingga siswa dengan mudah memahami konsep-konsep dalam pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Penggunaan geogebra berbantuan chromebook harapannya siswa kelas VIII bisa mempunyai pemahaman konseptual yang baik pada materi bangun ruang sisi datar khususnya materi kubus dan balok, selain itu dengan menggunakan chromebook yang didalam nya terdapat aplikasi geogebra siswa lebih semangat dan termotivasi belajar matematika baik secara individu maupun kelompok karena sebelumnya siswa belum pernah menggunakan nya. Setelah menganalisis artikel terkait manfaat penggunaan Geogebra dalam pembelajaran matematika, ditemukan beberapa hasil signifikan yang diperoleh. Temuan ini, termasuk Geogebra memudahkan siswa untuk memahami geometri. Siswa juga cenderung lebih senang belajar geometri dengan menggunakan Geogebra yang dioperasikan dengan menggunakan computer atau chromebook.
References
Fitriasari, P. (2017). PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the SoftwareSystemGeogebra.(online).www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. diakses pada 24 Juli 2022
NAEP. (2002). Mathematics Framework for the 2003 National Assesment of Educational Progress. Washington, DC: National Assessment of Educational Progress.
National Research Council. (2001). Adding it up: Helping Children learn mathematics. Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell,B (Eds), Mathematics Learning Study commite Center For Education, Division of Behavioral and social Science and Education Washington, D.C: National Academy Press
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics, Inc.
Neneng Umiyatun.(2015). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Artikel Penelitian. Pontianak. Universitas Tanjungpura
Pebriana, E., & Hidayah, D. A. N. (2019). PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII F SMP N 2 KAUMAN. EDUPEDIA, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24269/ed.v3i2.306
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9699
Rukminingsih, R. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.
Setiawan, T., Hasanah, F. N., & Nasrudin, F. W. (2021). Penggunaan Chromebook Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Boyolali. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3921
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1578
Syahbana, A. (2017). Belajar Menguasai Geogebra: Program Aplikasi Pembelajaran Matematika. Noerfikri.
Van De Walle, John A, Karp, Karen S, and Bay-Williams, Jennifer M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally. USA: Pearson Educations, Inc.
Wahyuningsih, S. (2020). Pemanfaatan Chromebook Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dan Dalam Jaringan (Daring). Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen KEMDIKBUD RI.