Merancang Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Gotong Royong dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Dalam merealisasikan kuruikulum merdeka perlu dipertimbangkan beberapa dalam pembelajaran agar sejalan dengan pengembangan karakter. Kondisi peserta didik diarahkan lebih pada kemampuan psikomotor yang lebih ditonjolkan. Untuk itu gotong royong dan kreatif perlu kondisikan sehingga gotong royong. Satu diantara model pembelajaran yang memungkinkan dapat terkait langsung atau tak langsung yakni model pembelajaran berbasis proyek. Berikutnya adalah membuat instrument yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian deskriptif. Perolehan data tersebut dianalisis dan dibahas. Data yang diperoleh sifatnya kualitatif. Sehingga data tersebut saat dianalisis dominan dalam kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh, sebagai berikut. Dari enam tahapan kegiatan pembelajaran dengan model PjBL tahapan pembelajaran yang memberikan hasil observasi sangat baik ada 4 tahapan dan 2 tahapan yang lain digolongkan masih standar/baik. Dimensi gotong royong lebih memberikan hasil observasi yang lebih maksimal, namun dimensi kreatif peserta didik lebih banyak diberikan hasil standar/baik dalam hasil observasinya.
References
Alawiyah, I. & Wahyu, S. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 168-176. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/ article/view/4241.
Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19-24. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/1149
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2). 138-151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Kamil. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Wacana Intelektual Muslim dan Khazanah Pendidikan Islam. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 3(6), 110-124. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/ALWATZIKHOEBILLAH/article/view/153
Kemndikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen dan Sub Elemen pada Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: BSKA
Mutaqin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Soft Skill Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 185-199. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2795/2314
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad: Jurnal PGMI, 11(2), 101–116. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1897/995
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada Peserta didik Kelas 5 SD. Kalam Cendikia, 4(13): 9-15. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11961
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (3), 24-35. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483
Parni. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS SD/MI. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 3(6), 184-195. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/ALWATZIKHOEBILLAH/article/view/162
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (pjbl) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 177-182. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2357
Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar tematik berbasis lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN III Tanggung. Jurnal Dewantara, 3 (1), 39-48. https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/viewFile/86/50.
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih., F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111-122. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi
Sitinjak, T. A., Permanasuri. N. P. D. A., Aprilyana, T., Wicaksono, E., & Apriansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Dengan Berbasis Kearifan Lokal Di Sman 1 Jabiren. Journal of Science, Technology, Education and Mechanical Engineering, 4(1), 21-26. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPTM/article/view/5511
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2021). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta : Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suhaida, D., & Fadillah, S. (2019). Analisis model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111–121. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index
Sunardiyah, M.A., Nisa, A. F., Barozi, S.M., Istiyarni., Hikmah, N., & Wulandari. (2022). Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Kelas VI SD N Dengok Semanu. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 12(1), 905-912. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/991
Uktolseja, F. N., Nisa, F. A., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1), 151-158. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenpores: Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara