Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Pemalang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa masih banyak guru yang belum meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran. Padahal ada banyak teknologi yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru harus memilih media pembelajaran berbasis teknologi sekaligus bersifat dua arah agar ada interaksi antara guru dan siswa serta bersifat kolaboratif. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang bersifat two-way adalah aplikasi Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter (PABP) di SMK N 1 Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengungkap informasi tentang penggunaan aplikasi kahoot yang diterapkan oleh guru PABP dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PABP di SMK Negeri 1 Pemalang sehingga pembelajaran berlangsung interaktif dan menarik. Dengan adanya kahoot ini, siswa dan guru sangat terbantu karena proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan sehingga materi pelajaran lebih mudah diingat dan dipahami.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press.
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388
Departemen Agama RI. (2008). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Diponegoro.
Dolong, M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213
Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA GURU SMA DI SUKABUMI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.
Khabidin. (2019). EFEKTIFITAS PENERAPAN APLIKASI KAHOOT DALAM MENGKONDISIKAN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA [UII]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14126
Miftah, M. (2018). MENAKAR KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (Studi Analisis Permendikbud No 23 Tahun 2017). Jurnal Perspektif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/jp.v2i1.14
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. UPI.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. CV Alfabeta.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. CV. Alfabeta.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017). TIK UNTUK AUD: PENGGUNAAN PLATFORM “KAHOOT!” DALAM MENUMBUHKAN JIWA KOMPETITIF DAN KOLABORATIF ANAK. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), Article 3b. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1066
Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2022). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Subhi, M. R. (2016). Pendekatan Sufistik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Hamka). Edukasia Islamika, 1(1), 62–88.
Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit UNM.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (7th ed.). Alfabeta.
Sukirman, D. (2011). Micro Teaching. CV Alfabeta.
Sumarso. (2019). Pembimbingan Guru Membuat Kuis Online Kahoot dengan Combro. Deepublish.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. CV. Alfabeta.
Tim Penyusun. (2018). Pembiayaan Operasional Non Personalia Untuk Optimalisasi Mutu Lulusan SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.