Perspektif Mahasiswa Nonmuslim terhadap Mata Kuliah Bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Kupang
Abstract
Penelitian ini menyajikan perspektif mahasiswa nonmuslim terhadap pembelajaran bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa nonmuslim pada mata kuliah bahasa Arab dan metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun urgensi penelitian ini untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa non muslim dalam pembelajaran bahasa Arab dengan cara membuat modul dan media pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan problematika pembelajaran bahasa Arab yang mereka alami. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya antara lain melalui observasi, angket (kuesioner) dan wawancara (interview). Peneliti membagikan angket pada mahasiswa nonmuslim di Universitas Muhammadiyah Kupang dengan maksud untuk memperoleh jawaban dari beberapa alternatif. Kemudian untuk memperoleh data yang mendekati kebenaran dengan cara melakukan wawancara pada mahasiswa nonmuslim di Universitas Muhammadiyah Kupang tentang pembelajaran bahasa Arab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dianggap sulit bagi mahasiswa nonmuslim, sulit dalam pengucapan dan penulisannya yang disebabkan oleh mahasiswa nonmuslim baru mengenal bahasa Arab. Metode yang digunakan oleh dosen pengampu sudah dianggap mampu memudahkan mereka dalam pengucapan kata-kata dalam bahasa Arab yang hampir mirip dengan bahasa Indonesia, dan juga dapat menulis meskipun agak begitu sulit.
References
Achid, Zainudin. (2014). Sejarah Universitas Muhammadiyah Kupang. Kupang: tp.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
__________. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Hamid, Abdul. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi dan Media, dan Media. Sukses Offset.
Haruna, R. (2019). URGENSI BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI SYARI’AT ISLAM. AL-SYAKHSHIYYAH Jurnal Hukum Keluarga Islam Dan Kemanusiaan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35673/as-hki.v1i2.489
Hidayat, N. S. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An-Nida’, 37(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315
Khalilullah, M.. Media pembelajaran Bahasa Arab. Aswaja Presindo.
Maghfirotillah, Q., Fajriyah, L., & Hariri, A. (2015). PERSPEKTIF MAHASISWA BERLATAR JURUSAN KEISLAMAN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.2.257-275
Moleong, Lexy J. (2000). Metedologi Penelitian Kualitatif (13th ed). Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Bisri. Hamid, Abdul. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Malang Press.
Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.
Sudjono, Anas. (1999). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja GrafindoPersada.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. (4th ed) CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (7th ed.). CV Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Tumanggor, Rusmin. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian. Tanpa Penerbit.