Kajian Konseptual E-Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Julianti Dian Lestari Agapau Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Kurnia Ningsih Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Titin Universitas Tanjungpura Pontianak
Keywords: E-modules, Discovery Learning, Learning Outcomes

Abstract

E-modules based on discovery learning are electronic teaching materials containing videos, images and audio which are arranged systematically and include the stages or syntax of the discovery learning model, namely stimulus, problem identification, data processing, proof and conclusions. The concepts obtained in this discovery learning-based e-module are not shown  final form, but rather students recognize and prove existing concepts so that they gain meaningful knowledge and long-lasting memories. Therefore, this teaching material requires student activity because discovery learning-based e-modules encourage students to learn independently. The teacher only acts as a facilitator or accompanies students. This research aims to determine the effectiveness of discovery learning-based e-modules in improving student learning outcomes. The research method used is literature study, where the data obtained is recorded, analyzed and concluded. The results of the study show that e-modules based on discovery learning are able to improve student learning outcomes.

References

Ariga, Selamat. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2)

Artha, Komang Surya Wedaswara., Ketut Agustini., & Nyoman Sugihartini. (2018). Pengaruh E-modul Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7(2), DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13348

Asmarani, Nadhiifa Eka., Mohammad Arief & Madziatul Churiyah. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan E-modul Berbasis 3D Pageflip Professional dengan Model Discovery Learning. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), DOI: 10.17977/um066v1i12021p59-70.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Mempersiapkan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Erniwati., Sudding & Muhammad Anwar. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook dalam Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 6(1), DOI: https://doi.org/1026858/cer.v6il.13315.

Etikamurni, Daniar Pangastiningasih., Anik Istyowati & Hena Dian Ayu. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2)

Fajri, Zaenol. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika, 7(2).

Fitriyana, Rosa., Lalili Fitri Yeni., & Titin. (2021). Pengaruh Discovery Learning disertai Modul Terhadap Hasil Belajar pada Materi Kingdom Monera Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4).

Hafsah, Nandya R.J., Dedi Rohendi., & Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200

Hastiningrum, Dianita & Samsi Haryanto. (2020). Pengembangan E-modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(2)

Indarta, Yose., Nizwardi Jalinus., Waskito & Agariadne Dwinggo Samala. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2)

Khasinah, Siti. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar SIswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), DOI: 10,31932/jpdp.v2i1.25

Maharani, Bekti Yuni & Agustina Asri Hardini. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5).

Mahmudah, Mila. (2022). Korelasi Media dan Sumber Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PROGRESSA, 6(2)

Maritsa, Ana., Unik Hanifah Salsabila., Muhammad Wafiq., Putri Rahma Anindya & Muhammad Azhar Ma’shum. Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18 (2), DOI: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Meilantifa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Ilmiah: SOULMATH, 6(2), DOI: https://doi.org/10.25139/smj.v6i2.913

Muhammadiah, Mas’ud., Bayu Retno., Cundra Bahar., Brasie Pradana Sela Bunga Riski Ayu & Joni. (2023). Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Journal on Education, 5(4)

Ningtyas, Dian Ayu Mustika., Retno Indah Rokhmawati & Satrio Agung Wicaksono. (2023). Pengembangan E-modul Interaktif Menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4)

Nurhidayanti., Muhammad Anwar., & Muhammad Danial. (2022). Pengembangan E-modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 11 Bone. Chemistry Education Revie: Pendidikan Kimia PPs UNM, 2(1).

Pamularsih, Bening & Samsi Haryanto. (2020). Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Koloid. Journal of Educational Evaluation Studies, 1(2).

Permatasari, Elma Ayu., Imam Mudakir., & Kamalia Fikri. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Kelas IX MIPA SMA. Saintifika, 19(1).

Priatna, I Komang., I Made Putrama., & Dewa Gede Hendra Divayana. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), DOI: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931

Putra, Komang Wisnu Baskara., I Made Agus Wirawan & Gede Aditra Pradnyana. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (1), DOI: 10.21831

Rusli. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(1), DOI: https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i1.2252

Salsabila, Unik Hanifah & Niar Agustian. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1)

Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Saparuddin., Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai., Sitti Kahfiah., & Eka Ayu Pratiwi. (2022). Penggunaan E-modul Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Biotek, 10(1)

Saumi, Fazrina., Fitra muliani., & Rizky Amalia. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Augmented Reality dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Vektor. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), DOI:https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6066

Setiadi & Zainul. (2019). Pengembangan E-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. EduKimia, 1(1), DOI: https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104019

Susanti, Erina Dwi & Ummu Sholilah. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Flip PDF Cooperate pada Materi Luas dan Volume Bola. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), DOI: https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275

Syam, Sukmawati., Fitrah Al Anshori & Dila. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Animalia di SMA Negeri 2 Luwu. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2)

Wahjudi, Eko. (2015). Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di SMPN 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains, 5(1), DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v5i1.242

Wahyuningsih, Sri., Muhfahroyin., & Agil Lepiyanto. (2020). Pengembangan E-modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Prototype Hutan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(2), DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1546

Widiastutik, H.J.& Rudyatmi. (2021). Pengembangan E-modul Struktur Jaringan Tumbuhan Berbasis Discovery Learnung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Semnas Biologi Ke-9 Tahun 2021, 127-132.

Wijaya, L.B Dimas Mahendra., Ida Bagus Putu Arnyana., & Desak Made Cintrawathi. (2022). Pengembangan E-module Biologi Berbasis Guided Discovery Learning pada Topik Ekosistem dan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains dan Pembelajarannya, 6(1)

Wulandari & Hidayat. (2022). Pengembangan E-modul Keterampilan Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model Discovery Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), DOI: 10.31764

Wulandari, Fatika., Relsas Yogica & Rahmawati Darussyamsu. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15 (2) DOI: 10.30595/jkp.v15i2.10809

Wulansari, Evi Wahyu., Sri Kantun., & Pudjo Suharsono. (2018). Pengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yanindah, Alfebriyesi Tri Cahya & Novisita Ratu. (2021). Pengembangan E-modul SUGAR Berbasis Android. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).

Yerimadesii & Azizah Kristalia. (2021). Efektivitas E-modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2)

Yolanda, Rana & Wahidul Basri. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah. KRONOLOGI, 3(2), DOI: https://doi.org/10.24036/jk.v3i2.155

Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Published
2024-01-01