KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS HAPIS DALAM PENGEMBANGAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) SISWA DI SMA NEGERI 3 TELUK KERAMAT

  • Auliati Auliati Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Deni Irawan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Enik Sartika Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Extracurricular, Spiritual, Self Esteem

Abstract

The purpose of this study was to find out how HAPIS spiritual extracurriculars can contribute to the development of self-esteem (Self Esteem) of students who take spiritual extracurriculars at SMA Negeri 3 Teluk Keramat. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive type of research. In the process of collecting data, researchers used observations, interviews, and documentation. For the data analysis process, researchers used data reduction, data presentation, and conclusions or verification. Meanwhile, to check the validity of the data, researchers used triangulation and member check.

Based on the results of the study, it can be concluded that there is a contribution of spiritual extracurricular activities in the development of self-esteem (Self Esteem) of students at SMA Negeri 3 Teluk Keramat through several activities such as Liqo 'Rutin, OBH (Olahraga Together HAPIS), TPQ Fostered Competition, and Outbound. The development that occurs in students shows an increase in self-esteem than before and personality development in a more positive direction. The application of development to students is not only within the scope of the school, but also within the family and society in general.

References

Andani, Pratiwi, Tika, Hubungan Penerimaan Diri dan Harga Diri Pada Remaja dengan Orang Tua Bercerai, Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Malang.

Astuti, Ririn, Peran Organisasi Kerohanian Islam(Rohis dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMA Negeri 1 Godean Sleman Yogyakarta, Skripsi UIN Sunan Kalijaga.

Asytharika, Peningkatan Harga Diri Self Esteem dengan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi pada Univeristas Lampung, 2016.

Badar at-Taubany, Ibnu, Trianto dan Suseno, Hadi. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah, Depok:Kencana.Cet I, 2017.

Budiarto, Eko, Metode Penelitian Kedokteran:Sebuah Pengantar.Jakarta: EGC, 2004, Cet 1.

Candra, Wayan, dkk, Psikologi:Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa, Yogyakarta:IKAPI.

Dayakisni, Tri dan Hudaniah, Psikologi Sosial.Malang:UMM Press, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Galia Indonesia, 1997.

Dewa Putra, Dewa, Subha, Hubungan Harga Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Somba Opu Sungguminasa Gowa, Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin, 2013.

Dewi, Prastya, Candra, Putu Ni, Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN danPancasila, Bandung:NilacakrA, 2020.

Dinas Pendidikan Nasional, Undang-Undang RI No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ernawati, Sri, Peran Kerohanian Islam Rohis Terhadap Pembentukan Akhlak dan Kesadaran Beragama Peserta Didik di SMK Negeri 1 Klaten, Skripsi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Hairun, Yahya, Evaluasi dan Penlilaian dalam Pembelajaran, Yogyakarta:Deepublish, 2020.

Hamani, Yessi dan Rasyid, Zulmeliza, Statistik Dasar Kesehatan, Yogyakarta:CV Budi Utama, 2019.

Hastuti, Dwi, Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol.2.No.2 Agustus 2016.

Hidayah, Ratna, Moh. Salimi, Tri Saptuti Susiani, Ciritical Thinking Skill:Konsep dan Indikator Penilaian, dalam Jurnal Taman Cendikia, Vol. 01 No. 02 Desember 2017.

Juliandi, Azuar, dkk, Metodologi Penelitian Bisnis:Konsep dan Aplikasi, Medan:Umsu Press, 2014.

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Cet X, Bandung:Diponegoro, 2012.

Khayati, Nur, Endang, Strategi Pengembangan Kepribadian Peserta DidikMelalui Kegiatan Rohis Studi Kasus di SMAN 1 Prwantoro Wonogiri.Skripsi IAIN Poneforo.2018.

Mariana, Peranan Ekstrakulikuler Rohis Kerohanian Islam dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa di Sma Negeri 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi pada Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.

Mahmudha Imam, Hubungan Harga Diri dengan Kepercayaan Diri pada Komunitas Cosplayer (Cosmed), Skripsi Universitas Medan Area:Fakultas Psikologi, Medan, 2017.

Maulidiyah, Ibrizah, Manajemen Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Malang, 2014.

Mawarni, Dewi, Ajeng, Ratu, Peranan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Penanaman Budi Pekerti Siswa di SMP Negeri 2 Kotabumi Lampung Utara Tahun 2016/2017, Skripsi Universitas Lampung, 2017.

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif:Edisi Revisi, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Aji, Heru, Peran Pengurus Kerohanian Islam (Rohis) dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, Skripsi Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Oktavianti, Ridha, dkk, Self Esteem, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 2008.
Praptomo, Joko, Agus, Khoirun Aman, Situ Raudah, Metodologi Riset Keperawatan, Yogyakarta:Deepublish, Cet 1, 2016.

Qutb, Sayyid, Terjemahan Tafsir:Penerjemah As’ad Yasih Abdul Hayyie al Katari, dkk, Jakarta:Gema Insani, 2004.

Rasiman, Tingkat Harga Diri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Kelas IV dan V SD Negeri 1 Beji Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Rokib, Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam Rohis Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas X Di SMAN 5 Kab. Tangerang, Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

Sartika, Enik, Rohis:Peningkatan Prestasi Belajar dalam Kajian Statistik,Bandung:CV Rasi Terbit, 2019.

Subroto, Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta:Rineka Cipta, 1997.

Sudaryono, Metodologi Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Metohd, Depok:Rajawali Pers, Cet II, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&d, Bandung:Alfabeta, 2012.

Suharso dan Retnoningsih, Ana, Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang:Widya Karya, Cet.III, 2008.

Sumara, Dadan, Suhadi Humaedi, Meilaanny Budiaro Santoso, Kenakalan Remaja dan Penanganannya, Jurnal Penelitian PPM, Vol 4, No.2, 2017.

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta:MedPress, Cet I, 2009.

Susanto, Ahmad, Bimbingan dan Konseling di Sekolah:Konsep, Teori, dan Aplikasinya, Jakarta:Premadamedia Group, Cet I, 2018.

Syafi’in, Model Pengembangan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 13 Sendangagung Paciran Lamongan, Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Taylor, Shelley E. dkk, Psikologi Sosial:Edisi Kedua Belas, Jakarta:Kencana.2009, Cet I.

Valentiti, Veronika, dkk, Jurnal Provitae Vol.2, No.1, Mei, 2016.

Wahyuni, Ninik, Hubungan Antara Harga Diri dengan Interaksi Sosial, Skripsi UIN MMI Malang.

Waluya, Bagja, Sosiologi:Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat, Bandung:PT Setia Puma Inves, 2017, Cet I.

Wibisono, Dermawan, Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2013.
Yusuf, Lukman dan Chandra Bagus R.Chandra, Harga Diri pada Remaja Menengah Putri di SMA Negri 15 Kota Semarang, dalam Jurnal Nursing Studies.Vol 1.Np 1 Tahun 2012.

Zakiyah, Zain, Ela, dkk, Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying, dalam Jurnal Penelitian dan PPM.Vol 4.No 2.2017.

Zulkarnain, Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Published
2021-04-07