Manajemen Kelas Guna Meningkatkan Semangat Anak dalam Belajar Efektif Di TK PGRI Kecamatan Parigi Pangandaran
Abstract
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakaan, memeliharan, dan mengembalikannya bila tejadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Sejumlah fakta menyebutkan bahwa masalah anak dalam belajar seringkali terjadi pada level sejak dini seperti anak-anak yang baru duduk di Taman Kanak. Fenomena ini juga terjadi di TK PGRI Kecamatan Parigi Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen kelas yang diterapkan oleh para guru di TK PGRI Parigi Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat observasional. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa manajemen kelas yang sudah diterapkan oleh guru-guru di TK PGRI ini meliputi pendekatan pengajaran, pendekatan kekuasaan, dan kebebasan. Namun, pengelolaan kelasnya masih perlu dievaluasi dan ditingkatkan karena proses pembelajaran dan pengajaran kurang berjalan dengan baik. Ini disebabkan karena memang usia anak didik yang masih sangat dini dan harus dalam pengawasaan ekstra.
References
Burhanuddin, A. (2017, July 15). Keterampilan Mengelola Kelas. Afid Burhanuddin. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2017/07/16/keterampilan-mengelola-kelas/
Fachri, F. (2020). Perencanaan Pengajaran dalam Pembelajaran. Bdkmakassar.Kemenag.Go.Id. https://bdkmakassar.kemenag.go.id/berita/perencanaan-pengajaran-dalam-pembelajaran
Huda, F. A. (2017, June 8). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Fatkhan.web.id. https://fatkhan.web.id/pendekatan-dalam-pengelolaan-kelas/
Kirom, A. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), Article 1.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Martens, M. (2019). Begini Strategi Pengelolaan Kelas Agar Lebih Efektif. arahkita.com. http://www.scholae.co/web/read/2503/begini.strategi.pengelolaan.kelas.agar.lebih.efekt
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. QUALITY, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039
Nayoan, Y. A. D. (2018). 5 Masalah Si Kecil Saat di TK, Nomor Terakhir Pasti Sering Terjadi—Semua Halaman—Nakita. https://nakita.grid.id/read/02210499/5-masalah-si-kecil-saat-di-tk-nomor-terakhir-pasti-sering-terjadi?page=all
R, A. H. A. (2015). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v2i1.100
Rukminingsih, R. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.
Zahroh, L. (2018). PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS. Jurnal Keislaman, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54298/jk.v1i2.3364
Copyright (c) 2023 Aini Ali Agustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.