Manajemen Kelas sebagai Upaya Penguatan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi

  • Azi Ramdani STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN
Keywords: Manajemen Kelas, kedisiplinan, santri

Abstract

Manajemen kelas merupakan serangkaian perilaku guru dalam upayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang memungkinkan para peserta didik mencapai tujuan-tujuan belajarnya. Namun, di dalam proses belajar mengajar tidak akan berjalan mulus. Hal ini dialami oleh santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis yang mengalami permasalahan disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab para santri tidak disiplin. Pendekatan di dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya malalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa problem utama manajemen kelas di Pondok Pesantren Babahab Jamanis adalah banyaknya para santri yang tidak hadir karena manajemen waktu yang tidak baik. Para santri juga mengerjakan hal-hal yang tidak penting sehingga proses belajar menjadi terganggu dan berkurangnya sikap kedisiplinan. Selain itu, beberapa para asatid juga jarang hadir dikarenakan mempunyai aktivitas-aktivitas yang padat dan juga faktor jarak yang amat jauh. Adapun upaya penguatan kedisiplinan untuk santri dilakukan dengan cara diperketatnya pengecekan absensi dan rekapitulasi tugas, penjatuhan sanksi, dan ditempuh dengan cara pendekatan persuasif.

References

Arifin, S. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. DIVA PRESS.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), Article 2.

Fadhila, F. (2021). Pengelolaan Wakaf Tanah di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaaru [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/49667/

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), Article 1.

Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308–317. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Jatirahayu, W. (2013). GURU BERKUALITAS KUNCI MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0, Article 0. https://doi.org/10.21831/jig

Marhawati, B. (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan. Deepublish.

Rosandi, A., Fauzan, M. D., Rahmadan, R., & Wiranto. (2023). KONSEP MANAJEMEN KELAS MENURUT PARA AHLI. JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH, 1(02), Article 02.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salmiah, M., Rusman, ِa. A., & Abidin, Z. (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i1.185

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Fau, Y. T. V., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono (1st ed.). Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046

Tholani, M. I. (2013). Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya). Jurnal Pendidikan, 1(2), Article 2.

Wahyudin, D. (2023). Peryataan rois, Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi.

Published
2023-02-20