Konsep Komunikasi Kepemimpinan Era Digital

Perspektif Al-Qur’an

  • Rafiku Rahman Universitas Islam Negeri Yogyakarta
Keywords: komunikasi, kepemimpinan, era digital, Al-Qur'an

Abstract

Komunikasi kepemimpinan di era digital merupakan topik penting yang menjadi perhatian banyak orang. Selama bertahun-tahun, para pemimpin telah menggunakan berbagai teknik komunikasi untuk mencapai tujuannya. Namun, dengan kemajuan teknologi, komunikasi kepemimpinan telah berkembang pesat, memungkinkan para pemimpin untuk mengakses audiens lebih luas dan mempromosikan visi mereka. Di tambah lagi komunikasi kepemimpinan sekarang memiliki dimensi yang lebih luas dan kompleks. Salah satu filosofi komunikasi kepemimpinan yang berkembang di era digital adalah dengan menghubungkannya pada perspektif Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi pelajaran agama, ajaran moral, dan prinsip-prinsip komunikasi kepemimpinan. jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan kualitatif. Para pemimpin dapat memanfaatkan prinsip-prinsip ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan membina hubungan yang lebih baik dengan audiensnya di era digitl. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif Al-Quran terkait prinsip-prinsip komunikasi kepemimpinan di era digital.

References

Ali, Hasanuddin dan Lilik Purwandi (2017). Millenial Nusantara: Paham Karaternya, Rebut Simpatinya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

AS. Hornby, (1990). Oxford Edanced Dictionary of English, London: Oxford University Press.

Asep Saeful Muhtadi, (2012). Komunikasi Dakwah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Aunur Rahim Fakih, dkk, (2001). Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press.

Badan Pusat Statistik, (2018). Statisti Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia, Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, (2003). Manajemen Syari’ah Dalam Praktik. (Jakarta: Gema Insani Perss.

Hamdani Khairul Fikri, “Kepemimpinan berwawasan duniawi dan ukhrawi, Tasamuh,” Vol. 13 No. 1, 2015.

Harun Nasution, “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya”, Jilid II; Jakarta: UI Press, 1985.

Hasril Atieq Pohan, (2019). Kepemimpinan Di Era Milenial Ditinjau dari Aspek Komunikasi, Jurnal: JKPI, Vol.3, No.2

Hifza Hifza et al ., (2020), Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Interdisipliner,” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1.

Husna, F. (2017). Kepemimpinan Islami dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadits, Syari’ah Dan Tarbiyah, 2(2), 131–154. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v2n2.131-154.

Jarwanto, (2015). Pengantar Manajemen (3 IN 1)”, Yogyakarta: Mediatera

Kemenag RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya Kemenag RI.

Maryudi, (2015). Pintar Berkomunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2023-08-03