Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Studi Kasus di SMK Ma’arif Cijulang

  • Ulpah Nupusiah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Pangandaran
  • Rama Aditya STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Devi Silvia Dewi STIT NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: Kontribusi, Manajemen Kesiswaan, Disiplin Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di smk ma’arif cijulang, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru dan Siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kontribusi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Ma’arif Cijulang dilakukan melalui kegiatan pembinaan tata tertib sekolah dengan memberikan surat pernyataan mengenai kesiapan siswa dalam menaati tata tertib sekolah dan apabila melanggarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan skor pelanggaran. Kemudian melakukan pembinaan yang dibentuk dalam sebuah kegiatan seperti: kegiatan orientasi yaitu dengan melakukan sosialisasi mengenai peraturan dan tata tertib sekolah, melakukan kegiatan pengontrolan kerapian siswa dalam berpakaian dan juga mengontrol kehadiran siswa, serta melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk melatih siswa mengenai kepemimpinan dan juga melatih kedisiplinan siswa baik itu disiplin waktu, disiplin berpakaian maupun disiplin dalam bersikap.

References

Ali Imron. (2016). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara

Baharuddin, B., Sugiarti, D. Y., Aryanti, D., Rajiah, S., Nurhaeni, N., & Burhan, B. (2020). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SDIT Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 27-36.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher)

Hidayat, R., & Malik, F. A. (2022). PENGARUH PELAKSANAAN KEBIJAKAN PEMBINAAN SISWA TERHADAP MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEWUJUDKAN PRILAKU DISIPLIN SISWA:(PENELITIAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATWA SUKARESMI GARUT). J-STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah), 1(2), 415-435.

J. Lexi and M M.A., (2010) “Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif,” .Rake Sarasin.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01)..

Rifa’i, M., Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran). Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Safitri, D. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 5 Batusangkar.

Solehoddin, M. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Millennial: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 17-37.

Solichah, D. (2018). Hubungan Antara Fasilitas Sekolah, Minat Belajar, Dan Kebiasaan Belajar Siswa MI Al-Huda. HUBUNGAN ANTARA FASILITAS SEKOLAH, MINAT BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA MI AL-HUDA.

Published
2023-08-03