Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Cimerak

  • Badriyah Badriyah STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN
  • Daris Susanto STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Erpan Fauzi STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Kamaludin Kamaludin STIT NU Al-Farabi Pangandaran
Keywords: Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang. Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam pembinaan moral. Dalam hal pendidikan karakter guru BK atau konselor memiliki peranan yang cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, tugas dan fungsi guru bimbingan dan konseling juga untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam meningkatkan kedisiplinan siswa siswi di SMK Negeri 1 Cimerak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di tempat lokasi lapangan penelitian. Kemudian di deskripsikan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya proses manajemen bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK di SMK Negeri 1 Cimerak masih jauh dari kata baik. Guru BK yang seharusnya memberikan peran sebagai fasilitator dan juga penasehat pada faktanya masih belum paham tugas dan fungsinya sebagai guru BK seperti apa.

References

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai ASTRONOMI ISLAM (Gunawan, Ed.). UMSU Press. Anindya Puspita. (2015). Selamatkan Keluargamu Dari Broken home. Yogyakarta : Saufa

Azam, Ulul. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Dharma Kesuma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 5.

Dian Apriyanty. (2018). http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/73

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (2007). Rambu- Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Departemen Pendidikan Nasional

https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/motivasi-belajar.html

Jessica. (2017). Pentingnya Peran Orang Tua bagi Perkembangan Mental dan Sikap Siswa

Juntika Nurihsan, Achmad. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama

Nasir. (2016). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit K-Media

Prayitno, dan Erman Amti. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rianeka Cipta

S. Willis, Sofyan. (2013). Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung: PT.Rianeka Cipta

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok : PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Sunarto, dan B. Agung Hartono. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: RianekaCipta

Syamsu Yusuf, dan Juntika Nurihsan. (2012). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Published
2023-08-03