IMPLEMENTASI TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET PADA ANAK USIA DINI

  • Hani Pitriani STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Deni Faslah STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Imas Masitoh STIT NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: Kognitif, Anak Usia Dini, Jean Piageat

Abstract

Teori perkembangan koognitif Jean Piaget atau teori Piaget menunjukkan bahwa perkembangan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan koognitif seorang anak bukan hanya tentang memproleh pengetahuan, anak harus juga mengembangkan atau membangun mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi teori perkembangan koognitif Jean Piaget pada anak usia dini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan sumber merujuk buku, jurnal penelitian, karya tulis ilmiah dan artikel penelitian yang diterbitkan. Teori perkembangan kognitif merupakan sesuatu yang berhubungan dengan melibatkan pemahaman berdasarkan pengetahuan yang nampak nyata dan berasal dari pengalaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang paling tepat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini adalah model student center. Metode pembelajaran student center adalah model pembelajaran yang berpusat pada anak atau murid

References

Eni. 1967. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Mi):5–24.

Juwantara, Ridho Agung. 2019. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9(1):27. doi: 10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.

Marinda, Leny. 2020. “Piaget Dan Problematikanya.” Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman 13(1):116–52.

Nuryati, Nuryati, and Darsinah Darsinah. 2021. “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3(2):153–62. doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186.

Wicaksono, Agil, Amirotun Nafi’ah, Alif Winona, and Abdul Muhid. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din 4(2):409–10.

Santrock, J. W. (2017). Educational Pshykology. Jakarta: Salemba Humanika

Desmita, D. (2015). Psikologi Perkembangan, Cet. Ke-9. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hasil Wawancara dengan Guru MI Qurrotta A’yun Yogyakarta. (2019).

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing

Published
2023-08-03