Keamanan Informasi dan Kepatuhan Sistem Informasi Manajemen di MA Al-Furqon Cimerak

  • Nurhidayat Nurhidayat STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Fauzan Dhiauhaq STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Nanu Andriani STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Devi Silvia Dewi STIT NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: Tantangan, kepatuhan, sistem informasi manajemen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keamanan informasi dan kepatuhan SIM di MA Al-Furqon Cimerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi secara langsung pada Kepala Sekolah MA Al-Furqon Cimerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan keamanan informasi dan kepatuhan SIM disebabkan keterbatasan sumber daya, perubahan budaya organisasi, dan risiko integritas data. Resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pemahaman tentang SIM menjadi hambatan utama yang memerlukan strategi komunikatif dan pelatihan SDM. Meskipun demikian, implementasi SIM telah memberikan dampak positif dalam pengelolaan data, pengambilan keputusan, dan koordinasi. Dengan komitmen dan langkah-langkah strategis yang tepat, MA Al-Furqon Cimerak memiliki potensi besar untuk meraih manfaat maksimal dari SIM dan tetap bersaing dalam dinamika pendidikan yang terus berkembang.

References

Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i1.103704

Arina, Y., Febrianti, H., Amarta, Y., Sabandi, A., & Yahya, Y. (2023). Urgensi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1348

Chotimah, C., Wati, D. S. setyo, & Jurnalis, I. (2023). Sistem Informasi Manajemen dalam Kompetisi Bisnis Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.241

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc. https://www.pdfdrive.com/qualitative-quantitative-and-mixed-methods-approaches-e91943566.html

Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), Article 1. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/444

Farizy, S., & Eriana, E. S. (2022). Keamanan Sistem Informasi (E. S. Eriana, Ed.). Unpampress. https://repository.unpam.ac.id/10200/

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulistyowati, I. (2020). Modul 1 Pengantar Keamanan Sistem Informasi (1st ed.). https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MSIM4405-M1.pdf

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Nilacakra.

Published
2024-02-15