LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SAMBAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu, yaitu 1) Tujuan layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa; 2) Asas layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa; 3) Pelaksanaan layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis deskriptif. Bapak Ilham Ansori, S.Pd. seorang guru bimbingan dan konseling yang menawarkan konseling Islam untuk mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa, adalah sumber data penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk saat ini, analisis data menggunakan pendekatan analisis data interaktif, dan metode untuk memverifikasi keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan member check. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa SMA Muhammadiah Sambas, antara lain: 1) Tujuan layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa adalah untuk membantu siswa membuat keputusan dan membuat rencana untuk melaksanakan keputusan tersebut, sehingga mereka berperilaku atau melakukan tindakan yang konstruktif sesuai dengan ajaran Islam. 2) Asas Layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa didasarkan pada asas-asas berikut: a) kebahagiaan di dunia dan di akhirat; b) tanpa pamrih (lillahita'ala); c) bimbingan sepanjang hayat; d) pengembangan akhlaqul-karimah; dan e) musyawarah. 3) Pelaksanaan layanan BK Islam guna mencegah kekerasan seksual di kalangan siswa, dilaksanakan dalam tiga bentuk layanan, yaitu: informasi; b) pembelajaran; c) bimbingan kelompok
References
Agus Sukirno. (2013). Pengantar BK Islam. A-Empat. Serang-Banten
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan Praktek. Jakarta. Renika Cipta
Bariah, O., & Marlina, R. (2019). Tinjauan Psikologi dan Agama Terhadap Tindak Kekerasan pada Anak. Jurnal Studia Insania, 7(2), 92. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i2.2646
Basit, A. (2017). Hubungan antara Perilaku Seksual dengan Tingkat Pengetahuan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 175–180. https://doi.org/10.30604/jika.v2i2.54
Hasyim Hasanah. (2014). PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENURUNKAN TEKANAN EMOSI REMAJA. KONSELING RELIGI Jurnal BK Islam, 5(1), 55–72. https://doi.org/10.21043/kr.v5i1.1060
Husna, K., & Arif, M. (2021). IBADAH DAN PRAKTIKNYA DALAM MASYARAKAT. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151. https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2505
Juliana, D., & Manja. (2021). PROBLEMATIKA PERNIKAHAN DINI DI DESA TEBAS SUNGAI KECAMATAN TEBAS. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 6(1), 77–94. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v6i1.409
KBBI.COM. (n.d.). NKamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)o Title. https://kbbi.web.id/
Mega Purnama Sari, Manja, & Manja. (2024). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Konseli Melalui Konseling Islami Di Madrasah Aliyah Yasti Sekura. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 7(1), 10–20. https://doi.org/10.37567/syiar.v7i1.2834
Miharja, S. (2020). MENEGASKAN DEFINISI BIMBINGAN KONSELING ISLAM, SUATU PANDANGAN ONTOLOGIS. At-Taujih : BK Islam, 3(1), 14. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.6956
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Issue Metode Penelitian Kualitatif). In PT Remaja Rosda Karya (Vol. 2). CV Jejak. Sukab
NU Online. (n.d.). https://www.nu.or.id/.
Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Rinta, L. (2015). PENDIDIKAN SEKSUAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU SEKSUAL POSITIF PADA REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN PSIKOLOGI REMAJA. Jurnal Ketahanan Nasional, 21(3), 163. https://doi.org/10.22146/jkn.15587
Sa’diyah, K., & Sunarto, S. (2023). URGENSI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA DI SEKOLAH. JKaKa:Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 3(2), 92–110. https://doi.org/10.30739/jkaka.v3i2.2436
Sopyandi, S., & Sujarwo, S. (2023). Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan dan Pencegahannya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 19–25. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9448
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta
Thohari Musnamar. (1992). Dsar-dasar Konseptual BK Islami. Yogyakarta. UII Press
Copyright (c) 2025 Manja, Kartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.