PENGGUNAAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN SURAH AL-INSYIRAH AYAT 1-8 PADA SISWA KELAS IX B DI SMP NEGERI 5 SAMBAS

  • KASPULLAH Guru PAI SMP Negeri 5 Sambas
Keywords: Strategi Reading Aloud, Kemampuan Hafalan Al-Quran, Surah Al-Insyirah Ayat 1-8

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini didasarkan pada keresahan akademik yang ditemukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Sambas, khususnya pada materi Al-Quran-hadis. Secara faktual materi Al-Quran-hadis pada kompetensi dasar membaca fasih dan menghafal ayat Al-Quran (Al-Quran surah AlInsyirah 1-8) masih dianggap terlalu sulit bagi siswa. Hal ini didukung dengan rendahnya capaian kompetensi siswa terutama di kelas IX B. Fenomena seperti ini perlu dicarikan alternatif dan solusi bagi guru maupun siswa, satu diantaranya dengan menggunakan strategi readingaloud dalam pembelajaran. Dengan penggunaan strategi readingalouddiharapkan dapat meningkatkan hafalan Al-Quran surah AlInsyirah ayat 1-8 bagi siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan pada siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas dengan jumlah populasi 18 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empatkegiatan yaitu: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data dengan cara tes lisan, dan pengamatan(observasi). Hasil penelitian disimpulkan: Strategi readingaloud dapat meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran surah Al-Insyirah ayat 1-8 bagi siswa kelas IX B di SMP Negeri 5 Sambas. Hal ini dasarkan pada peningkatan pencapaian hafalan siswa pada setiap siklus, yakni: pada siklus I menunjukkan ada delapan orang siswa atau 44% yang mendapat nilai dengan kategori baik, sembilan orang siswa (50%) mendapat nilai kategori cukup, dan satu orang (6%) mendapat nilai kurang. Sedangkan pada pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup berarti; ada 14 orang siswa atau 78% mendapat nilai dengan kategori baik, tiga orang siswa (16%) mendapat nilai kategori cukup, dan satu orang (6%) mendapat nilai kurang.Strategi readingaloud dapat meningkatkan hafalan Al-Quran surah Al-Insyirah ayat 1-8 pada siswa kelas IX B dengan didukung penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dan menarik, serta adanya peningkatan intensitas pengulangan bacaan hafalan ayat Al-Quran.

References

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur‟an.
Ali Muhson, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP, 2006.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
E. Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Hamruni H, Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif- Menyenangkan, Yogyakarta: Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Hasil observasi pada hari Rabu 16 Januari 2019
Hernowo, QuantumReading, Cara Cepat Bermanfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca, Bandung: Mizan Learning Centre, 2003.
Hisyam Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan), Semarang: RaSAIL Media Group, 2008.
John M. Echolas dan Hasan Shadily, Kamus Inggris – Indonesia (AnEnglishIndonesionDictionary), Jakarta: Gramedia, 1992.
Jusuf Djajadisastra, Metode-metode Mengajar, Angkasa, Bandung, 1981, Vol. 1.
Dokumen I Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Negeri 5 Sambas.
M.M. Al-A’zami, The History The QuraniqText Sejarah Teks Al-Quran. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.
Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada press, 2007.
Melvin L. Silberman, ActiveLearning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: RaisulMuttaqien, 2004.
MochammadJawahir, Teknik dan Strategi Pembelajaran, Bandung:Cendekia Press, 2005.
Muh. Hambali, Cinta Al-Quran Para Hafizh Cilik, Jogjakarta: Najah, 2013.
NizwardiJalinus dan Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2016.
ShofiaTidjani, Membuat Anak Kian Cinta Buku, http://majalahqalam.com. Online. Diakses tanggal 13 Juni 2017 .
Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tim Penyusun, Pendalaman Materi Kompetensi Profesional, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2012.
W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Grasindo, 2002.
Published
2020-05-18
How to Cite
KASPULLAH. (2020). PENGGUNAAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QURAN SURAH AL-INSYIRAH AYAT 1-8 PADA SISWA KELAS IX B DI SMP NEGERI 5 SAMBAS . CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 81-89. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.43