SEJARAH ISLAM MODERN DI INDONESIA

Studi atas Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ary

  • Sumiati Tomadehe STAI-Alkhairaat Labuha
  • Syamzan Syukur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Susmihara Susmihara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Pemikiran KH Ahmad Dahlan, KH Hasiym Asyari

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas tentang pemikiran KH Ahmad Dahlan dan KH Hasiym Asyari dalam pembaharuan sejarah Islam Moderen di Indonesia. Pembaharuan berawal dari bidang ekonomi, keagamaan, sosial, dakwa dan pendidikan, serta prinsip dasar dan tuntunan pembaharuan sosial keagamaan Muhammadiyah dan NU.  Metode yang digunakan adalah library resarch dianalisis dengan pendekatan reflektif thinking dengan memadukan pendekatan deduktif dan induktif. Hasil pembahasan menunjukan bahwa Konsep pembaharuan yang dikembangkan oleh Muhammadiyah  yaitu bersifat modern-theosentris dan NU bersifat Tradisionalis yaitu ‎mempertahankan nilai-nilai tradisional Islam yang selama ini di ikuti yang ‎sudah ‎mulai tergerus dengan adanya pemikiran-pemikiran modern dan sebagai wadah perjuangan untuk menentang segala bentuk penjajahan dan merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia dari penjajah Belanda.

References

Al-Qahtani, S., & Al-„Aql, N. bin A. K. (2003). Aqidah Ahlul Sunnah Wal Jamaah dan Kewajiban Mengikutinya. (Surabaya: Pustaka As-Sunnah.

Fadli, M. R. (2019). pasantren untuk negeri kipra Kebangsaan Kh Asy`ari. Jurna Islam Nasional, 3(2), 307–338.

Fatoni, A. (2007). Peran Kiai Pesantren Dalam Partai Politik. Yogyakarta: Pustaka Grafis.

Khasanah, U. (2019). Analisis: Genealogi emikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari. Studi Keislaman, 19(1).

kompas.com. (2021). Ahmad Dahlan: Kehidupan, Perjuangan, dan Perannya di Muhammadiyah.

Mawardi, A. (n.d.). Pemikiran Pendidikan KH Ahmad Dahlan. Jurnal Tarbawi, 1(2).

Ramayulis, D. (2011). Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Muliacet.

Shobron. (2017). Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Dalam Pentas Politik. Nasioanal.

Sholikah. (2017). Relevansi Kompetensi Pendidik Menurut K.H. Hasyim Asy’ari Dengan Uu Sisdiknas Tahun 2003. Studi Keislaman, 7(1).

Sudarno Shobron. (2003). Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Dalam Pentas Politik Nasional. (Yogyakarta: Muhammadiyah University Press.

Published
2023-02-02
How to Cite
Tomadehe, S., Syukur, S., & Susmihara, S. (2023). SEJARAH ISLAM MODERN DI INDONESIA: Studi atas Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ary. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 8(2), 1-16. https://doi.org/10.37567/jif.v8i2.1606