STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA KOPERASI SYARIAH BMT MASJID RAYA SINGKAWANG

  • Gustina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi Pelayanan, Loyalitas Nasabah, Koperasi Syariah

Abstract

Abstrak: Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Syariah BMT Masjid Raya Singkawang. Penelitian ini dilatar belakangi adanya peningkatan jumlah nasabah di Koperasi Syariah BMT Masjid Raya Singkawang dari tahun 2014 sampai 2019. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) strategi pelayanan dalam meningkatkan loyalitas nasabah; 2) langkah-langkah dalam menerapkan strategi pelayanan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yaitu observasi dan wawancara berdasarkan data primer yang ada dilapangan, dan data sekunder berupa buku-buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil   penelitian 1) Strategi pelayanan  dalam  meningkatkan  loyalitas  nasabah,  yaitu:  Bukti fisik (fasilitas fisik), Reliabilitas (keandalan), responsivitas (daya tanggap), Keamanan, Komunikasi dan Pengertian (simpati); 2) langkah-langkah dalam menerapkan strategi pelayanan untuk meningkatkan loyalitas nasabah, yaitu: mendengarkan keluhan nasabah, melakukan pelayanan sesuai dengan peraturan, menunjukan sikap keterbukaan, memerlakukan nasabah dengan baik, serta memberikan pelatihan khusus kepada setiap karyawan.

Kata Kunci: Strategi Pelayanan; Loyalitas Nasabah; Koperasi Syariah

Published
2022-11-18