RELEVANSI TEORI REVOLUSI PARADIGMA THOMAS S. KUHN TERHADAP TRANSAKSI JUAL-BELI ONLINE

  • Shovia Indah Firdiyanti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords: Paradigma, Thomas S. Kuhn, Jual-Beli, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan lingkungan sosial dan perkembangan teknologi yang dapat mengubah cara pandang manusia dalam menjalankan kehidupan. Teori revolusi paradigma diperkenalkan oleh filosof Thomas S. Kuhn yang mengatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan tidak lepas dari pergeseran paradigma. Salah satu ilmu yang mengalami pergeseran paradigma adalah ekonomi Islam dalam bidang transaksi jual beli. Kondisi ini menarik para akademisi dan tokoh agama untuk mengkaji hukum transaksi jual beli online yang melekat dalam kehidupan bermasyarakat. Banyaknya kajian mengenai hukum transaksi jual beli online dalam pandangan ekonomi Islam dikarenakan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat muslim untuk menerapkan syariat Islam khususnya dalam bidang ekonomi. Penting bagi masyarakat untuk mengetahui relevansi teori revolusi paradigma dengan keilmuan Islam dan penerapannya dalam transaksi jual beli online. Jenis dan metode penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada kenyataannya transaksi jual beli mengalami pergeseran paradigma dari offline menjadi online. Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin memiliki ajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, tidak perlu memperbarui teks tentang ajaran Islam. Namun, yang perlu diperbarui adalah paradigma manusia tentang agama. Dengan interpretasi, agama mampu menyetarakan bahkan memiliki posisi yang lebih tinggi dalam berdialog dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

References

Abubakar, S. (2020). Paradigma Pengembangan Ilmu Pengetahuan Thomas S. Kuhn dan Relevansinya dengan Kajian Keislaman. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 6(1), 47–64.

Almas, A. F. (2018). Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning). At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 89. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1147

Arny, S., Mapuna, H. D., & Anis, M. (2021). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli pada Marketplace Online Lazada. Iqtishaduna:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum EkonomiSyariah, 2(4), 222–240. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v3i3.21658

Damayanti, S. N., & Ma’ruf, H. M. (2019). Epistemologi Saintifik Thomas S. Kuhn terhadap Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 120–127. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.16192

Diamastuti, E. (2015). Paradigma Ilmu Pengetahuan Sebuah Telaah Kritis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 10(1), 61–74. https://doi.org/10.19184/jauj.v10i1.1246

Digarizki, I., & Anang, A. Al. (2020). Epistemologi Thomas S. Kuhn: Kajian Teori Pergeseran Paradigma dan Revolusi Ilmiah. Jurnal Humanitas, 7(1), 23–34. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Farid, E. K. (2021). Paradigma Dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn Serta Relevansinya Dalam Ilmu-Ilmu Keislaman. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 19(1), 81–100. https://doi.org/10.21111/klm.v19i1.6367

Hadi, R. A. Al. (2019). Ilmu Komunikasi Dalam Paradigma Revolusi Sains Thomas S. Kuhn. Indonesian Journal of Islamic Communication, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.35719/ijic.v1i2.147

Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 21(2), 166–187. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.6043

Kuhn, T. S. (2000). The Structure Of Scientific Revolutions: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains (T. Sujarman (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Mamnunah, & Sauri, S. (2020). Relevansi Pemikiran Thomas Kuhn Terhadap Penerapan Ijma. Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 11(1), 74–90.

Nurkhalis. (2012a). Konsep Epistimologi Paradigma Thomas Kuhn. Jurnal Substantia, 14(2), 210–223.

Nurkhalis. (2012b). Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI(02), 79–99. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i02.55

Putra, A. (2015). Epistimologi Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn dan Relevansinya bagi Studi Al-Qur’an. In Refleksi (Vol. 15, Issue 1, pp. 1–15).

Putri, E. W., Yuwana, L., & Afif, M. B. (2020). Epistemology of Thomas S. Kuhn’s Shifting Paradigm and Its Relevance to Islamic Science. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–18.

Putri, F. A., & Iskandar, W. (2020). Paradigma Thomas Kuhn: Revolusi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan. Jurnal Nizhamiyah, X(2), 94–106.

Rijanto, T. (2008). Paradigma dan Revolusi Sains (Telaah atas Konsep Pemikiran Thomas Samuel Kuhn dan Implikasinya dalam Teori Belajar). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(071), 395–408.

Sabila, N. A. (2019). Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn (Aspek Sosiologis, Antropologis, dan Historis dari Ilmu Pengetahuan). Jurnal Pemikiran Islam, 5(1), 80–97.

Sahbana, M. D. R. (2022). Epistimologi Paradigma Dan Revolusi Ilmu Pengetahuan Thomas Kuhn. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 8(1), 31–48. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v8i1.188

Subekti, S. (2015). Filsafat Ilmu Karl R. Popper dan Thomas S. Kuhn serta Implikasinya dalam Pengajaran Ilmu. Jurnal Humanika, 22(2), 39–46.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Ulya, I., & Abid, N. (2015). Pemikiran Thomas Kuhn dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 3(2), 249–276.

Zazkia, S. A. (2021). Metode, Pendekatan Ilmiah, Model Pemikiran Dan Teori Revolusi Paradigma Thomas Samuel Kuhn. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(3), 127–133.

Published
2023-03-07
How to Cite
Firdiyanti, S. I. (2023). RELEVANSI TEORI REVOLUSI PARADIGMA THOMAS S. KUHN TERHADAP TRANSAKSI JUAL-BELI ONLINE. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 9(1), 9-22. https://doi.org/10.37567/shar-e.v9i1.1687