Pola Asuh untuk Menumbuhkan Karakter Moderat pada Anak
Abstract
Karakter moderat memiliki andil penting dalam membangun peradaban bangsa yang multicultural seperti Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas pola asuh yang dapat menumbuhkan karakter yang moderat pada anak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan selanjutnya dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Berdasarkan kajian ini disimpulkan bahwa dari keempat pola asuh yang terdiri dari pola asuh otoriter, permisif, otoritatif atau demokratis, dan pola asuh penelantaran, pola asuh yang berkorelasi dengan sikap moderat pada anak adalah pola asuh demokratis.
References
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak . Jurnal Nasional UMP .
Dewi, K. ( 2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Radenfatah, 10.
dewi, S. L. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis permainan pada pendidikan dan perkembangan anak usia dini. Aulad, 12.
Djibran, F. S. (2023). Pembelajaran tari tradisional untuk stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi, 5.
DR.Irwanto. (2018). talkshow jatim fair. Universitas Airlangga, 7.
Islami, A. (2022). Posyandu sebagai sentra pendidikan masyarakat bagi anak usia dini. As sibyan, 2.
Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan kognitif anak melalui pemainan ludo geometri di PAUD Habibul ummi . Spektrum PLS, 13.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia DIni Dari 0-6 Tahun. jurnal warna, 6.
Khasanah, I. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulus Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Paudia.
Kurniawan, A. (2022). Buku Pendidikan Anak Usia Dini. PT.Global Eksekutif Teknologi, 9.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan karakter anak uisa dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3.
Lukawati. (2023). Stimulasi Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Tanah Liat Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad, 7.
Mansur, A. R. (2019 ). Buku Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas Univesitas Press, 10.
Maria, Y. (2023). Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 tahun Melalui Pola Asuh Orang Tua . Jurnal Obsesi, 7.
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidikan PAUD Dalam Membangaun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak , 8.
Mayar, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obesei, 5.
Meisyarah. (2023). Hubungan antara kepercayaan diri remaja generasi di kelurahan kota matsum 1 Medan. Univesitas Medan Area, 5.
Muslimah, J. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini . kiddo, 4.
Nahariyah, S. (2018). Tumbuh Kembang Anak Di Era Digital. Risala, 7.
Palupi, R. (2022). Penerapan Model Atik untukMePenerapan model atik untuk meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melaluiPermainanTata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP, 13.
Prayugo, D. (2023). Pola asuh ibu dan pola pemberian makan berhubungan dengan kejadian stunting. JI KES, 5.
Rahiem, M. D. (2023). prepsepsi orang tua tentang konsep dan perkembangan moral dan agama anak usia dini. Murhum, 6.
Rahmawati, S. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. ECIE Jurnal, 12.
Rohiman, A. (2023). Pola penerapan pendidikan agama islam pada anak uisa dini di tk islam terpadu sohibul qurban tobali. Unisan Jurnal, 6.
Sofiaani, I. K. (2020). Bias Gender Dalam Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini. jurnal obsesi, 4.
Sulastri. (2022). Hubungan jenis aplikasi gadget terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di kecamatan waleri. Jurnal Surya Muda, 5.
sunarty, k. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang tua dan Kemandirian Anak . Jurnal of EST, 4.
Syafadaningsih. (2023). Manfaat Kegiatan Outbound Dalam Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dari Prespektif Guru. jurnal Obesisi, 7.
Wulandari, R. (2022). Pengolahan manajemen kurikulum anak usia dini di kelompok bermain bunda rosa . Azra Media, 9.
Copyright (c) 2024 bay_nana_nurfirdaus nurfirdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.