Urgensi Tauhid Dalam Pembentukan Akhlak Karimah Generasi Zillenial Di Era Digital
Abstract
Maraknya degradasi moral saat ini menunjukkan lemahnya penerapan nilai-nilai tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman Tauhid yang lurus dan utuh perlu diseriuskan dalam kediupan, utamanya dalam pembentukan akhlak karimah. Dalam hal tersebut, tauhid memiliki urgensi penting sebagai pondasi yang mampu mengubah manusia menjadi seseorang yang memiliki sifat-sifat mulia. Tujuan penelitian adalah menganalisis peran tauhid dalam membangun akhlak karimah generasi zilenial di era digital. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik analisis pustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa pembentukan akhlak generasi Z dengan pendekatan tauhid mampu memperkuat landasan spiritual individu, meningkatkan kualitas akhlak, dan membentuk pribadi yang berintegritas sesuai dengan ajaran Islam. Temuan ini menegaskan pentingnya tauhid sebagai pendekatan utama dalam pembentukan akhlak untuk menciptakan generasi yang bermoral dan bertanggung jawab.
References
Amelina Galina Udayadas, N., Wang Haihong Peng Chen Yang Meng Xu Hongbin Jia Cuiping Zhou, H., Zhang Haizhen Ding Mengfei Dong Jiale Huang, D., Zhichao Zhang Binli XU Xianping CHENG, J. Y., Diao Jianjun Yu Junhui Zhang Heng Zou, Y., McGuire, A., Nicole Weber, E., Case, A. B., Benjamin Scragg, Me., Angela Gunder, E., & Saltsman, G. (2022). Advancing Artificial Intelligence-Supported Global Digital Citizenship Education. UNESCO.
Azhar, M. (2022). PENERAPAN TAUHID DALAM DIRI UNTUK MENCAPAI RIDHO ALLAH. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103–109.
Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.6
Halik, A. (2018). Peran manajemen pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).
Hasbi, M., & Selatan, S. (2009). Konsep Tauhid sebagai Solusi Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah. 14(2), 1–22.
Inayah, F. I. (2018). Tauhid Sebagai Prinsip Ilmu Pengetahuan (Studi Analisis Ismail Raji al Faruqi). Tasfiyah, 2(1), 97. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v2i1.2484
Kamal, T. (2019). Urgensi Studi Teologi Sosial Islam. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2, 22–38. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.520
Karim, P. A. (2017). Mema’nai Syahadatain dan Keutamaannya dalam Kehidupan. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan NIZHAMIYAH, 7(2), 112–125.
Kemenag. (2018). Alquran dan terjemahnya. Quran In MS Word. Version 3000
Lubis, D. M., Lubis, R. N., & Lubis, S. W. (2022). Peran dan Fungsi Tauhid Dalam Kehidupan Sosial. April.
Markus, F., Keraf, P., Falo, M., Matoneng, O. W., Kollo, F. L., Timor, U., Cendana, U. N., & Kupang, K. (2024). Inovasi Kurikulum. 21(2), 869–884.
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154
Muqofi, A. (2019). TAUHID DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN RASYID RIDHA. Jurnal Qathruna, 6(2), 91–112.
Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113
Nugraha, D., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Urgensi Penguatan Kesadaran Pelajar tentang Perannya sebagai Hamba untuk Mengatasi Perilaku Tercela. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 177–187. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i02.539
Parwati, I., Tarihoran, N., Bachtiar, M., Wasehudin, & Lugowi, R. A. (2023). Penanaman nilai-nilai pendidikan tauhid pada generasi z melalui aplikasi tiktok di pp ammu banten. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 491–498.
Putra, R. P. T., Fardhana, I. A., Azzahra, G. Z., Ardiani, S. N., Kusumaningtyas, H. L., & Putri, A. M. S. N. (2023). HUBUNGAN ANTARA ISLAM DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM MEMPENGARUHI KARAKTER GEN Z. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(10), 704–715.
Sari, C. A. W., Hafsyah, N., Fazela, K., Nayla, P., & Wismanto, W. (2024). Pemahaman Pentingnya Tauhid dalam Kehidupan Umat Islam. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 293–305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.177
Setyobekti, A. B., Wariki, V., & Anu, K. J. M. (2024). Potret Solusi Alkitab bagi Generasi Z Penderita Sindrom Fear of Missing Out. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 96–113. https://doi.org/10.53814/eleos.v3i2.82
Sukiman, Ali Azmi, M., & Syah, F. J. (2024). IMPLEMENTASI TAUHID DALAM LANDASAN BERPIKIR UMAT ISLAM KONTEMPORER. T-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya, 04(01), 1–12.
TafsirWeb. (n.d.). Surat Ibrahim ayat 25.
Copyright (c) 2025 Rida Khoerunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.