Penggunaan Smartphone Sebagai Media Interaksi Sosial Siswa

  • Nena Suwanti Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Smartphone, Media, Interaksi Sosial,, Siswa

Abstract

Studi ini bertujuan menjelaskan: 1) Aktivitas siswa bersama smartphone sebagai media interaksi sosial; 2) Pengaruh positif dan negatif penggunaan Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa. Pendekatan penelitian adalah deskriptif dengan jenis kualitatif. Sumber utama data untuk penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian atau display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi triangulasi dan member check. Kesimpulanl penelitian ini menyatakan bahwa 1) Aktivitas siswa bersama Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa digunakan untuk komunikasi dengan orangtua, teman, dan keluarga serta mengakses informasi berupa mencari, memberikan dan menerima informasi; 2) Pengaruh positif dan negatif penggunaan Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa dalah Pertama, memperluas jaringan persahabatan artinya menambah teman melalui aplikasi seperti facebook, whatsapp dan instagram dari yang tidak kenal menjadi kenal. Kedua, sarana komunikasi jarak jauh; Ketiga, mempermudah mengakses informasi yaitu mencari informasi dan menerima informasi dari satu sumber, sedangkan dampak negatif penggunaan smartphone sebagai media interaksi sosial siswa adalah menimbulkan rasa kecanduan, karena berlebihan game online dan kurang bersosialisasi, seperti tidak memperhatikan orang disekitarnya karena terlalu asyik dengan smartphone.

References

Agung Lazuardi. (2016). “Pola Interaksi Sosial Pelanggan Warkop Daeng Sija Beverly Hills Kota Makassar”. Skripsi, Program Studi PMI Kons. Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makassar. Tidak diterbitkan

Damsar. (2019). Pengantar Sosiologi Politik. Kencana

Edy Winarno & Ali Zaki. (2012). Tip-Tip Paling Keren Blackberry dan Android. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Eti Setiawati & Heni Dwi Arista. (2018). Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional Kajian Pragmatik. Malang. UB Press

Fauziah. (2008). Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta. Media Pusindo

Fitri, D., Anismar, A., Fazil, M., & Ula, C. W. (2021). SMARTPHONE SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA FISIP 2018). Jurnal Jurnalisme, 10(1), 32. https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4791

Gunawan Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta. PT Bumi Askara

Hafiz Al-Ayouby. (2017). “Dampak Penggunaan Gadget Pada Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung).” Skipsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Politik, Universitas Lampung. Tidak diterbitkan

Inda Lestari. (2012). “Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga”. dalam Jurnal Prosiding Ks: Riset & Pkm, Vol. 2, No. 2

Isna Nadhila. (2013). Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern. Jakarta. Penamadani

Jamun, Y. M., & Ntelok, Z. R. E. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3796–3803. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2832

Kemenag. (2018). Alquran dan terjemahnya. Quran In MS Word. Version 3000

Kurnia Tamimi. (2017). “Pengaruh Pemanfaatan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTSN Maguwoharjo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia. Tidak diterbitkan

Melsa Tri Wulandari, Jaelani, Manja. (2021). PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP BAGI MAHASISWA SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 4(1), 10–22. https://doi.org/10.37567/syiar.v4i1.755

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Issue Metode Penelitian Kualitatif). In PT Remaja Rosda Karya (Vol. 2). CV Jejak. Sukab

Nastria Sari Fitriana. (2016). “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Ketergantungan Mahasiswa Pada Smartphone”. Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Lampung Bandar Lampung. diterbitkan

Onong Effendy Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149

Riyanto, Z., & Riyanto, Z. (2019). Analisis Perilaku Mahasiswa Sains Dan Teknologi Dalam Penggunaan Smartphone (Gadget) Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik. PERFORMA Media Ilmiah Teknik Industri, 17(2). https://doi.org/10.20961/performa.17.2.28802

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Sahrul. (2001). Sosiologi Islam. Medan. IAIN Press

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta

Published
2025-05-15
How to Cite
Nena Suwanti. (2025). Penggunaan Smartphone Sebagai Media Interaksi Sosial Siswa. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 8(1), 31-41. https://doi.org/10.37567/syiar.v8i1.3729