Penggunaan Smartphone Sebagai Media Interaksi Sosial Siswa
Abstract
Studi ini bertujuan menjelaskan: 1) Aktivitas siswa bersama smartphone sebagai media interaksi sosial; 2) Pengaruh positif dan negatif penggunaan Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa. Pendekatan penelitian adalah deskriptif dengan jenis kualitatif. Sumber utama data untuk penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian atau display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi triangulasi dan member check. Kesimpulanl penelitian ini menyatakan bahwa 1) Aktivitas siswa bersama Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa digunakan untuk komunikasi dengan orangtua, teman, dan keluarga serta mengakses informasi berupa mencari, memberikan dan menerima informasi; 2) Pengaruh positif dan negatif penggunaan Smartphone sebagai media interaksi sosial siswa dalah Pertama, memperluas jaringan persahabatan artinya menambah teman melalui aplikasi seperti facebook, whatsapp dan instagram dari yang tidak kenal menjadi kenal. Kedua, sarana komunikasi jarak jauh; Ketiga, mempermudah mengakses informasi yaitu mencari informasi dan menerima informasi dari satu sumber, sedangkan dampak negatif penggunaan smartphone sebagai media interaksi sosial siswa adalah menimbulkan rasa kecanduan, karena berlebihan game online dan kurang bersosialisasi, seperti tidak memperhatikan orang disekitarnya karena terlalu asyik dengan smartphone.
References
Agung Lazuardi. (2016). “Pola Interaksi Sosial Pelanggan Warkop Daeng Sija Beverly Hills Kota Makassar”. Skripsi, Program Studi PMI Kons. Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makassar. Tidak diterbitkan
Damsar. (2019). Pengantar Sosiologi Politik. Kencana
Edy Winarno & Ali Zaki. (2012). Tip-Tip Paling Keren Blackberry dan Android. Jakarta. PT Elex Media Komputindo
Eti Setiawati & Heni Dwi Arista. (2018). Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional Kajian Pragmatik. Malang. UB Press
Fauziah. (2008). Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta. Media Pusindo
Fitri, D., Anismar, A., Fazil, M., & Ula, C. W. (2021). SMARTPHONE SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA FISIP 2018). Jurnal Jurnalisme, 10(1), 32. https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4791
Gunawan Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta. PT Bumi Askara
Hafiz Al-Ayouby. (2017). “Dampak Penggunaan Gadget Pada Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung).” Skipsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Politik, Universitas Lampung. Tidak diterbitkan
Inda Lestari. (2012). “Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga”. dalam Jurnal Prosiding Ks: Riset & Pkm, Vol. 2, No. 2
Isna Nadhila. (2013). Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern. Jakarta. Penamadani
Jamun, Y. M., & Ntelok, Z. R. E. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone di Kalangan Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3796–3803. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2832
Kemenag. (2018). Alquran dan terjemahnya. Quran In MS Word. Version 3000
Kurnia Tamimi. (2017). “Pengaruh Pemanfaatan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTSN Maguwoharjo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia. Tidak diterbitkan
Melsa Tri Wulandari, Jaelani, Manja. (2021). PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP BAGI MAHASISWA SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 4(1), 10–22. https://doi.org/10.37567/syiar.v4i1.755
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Issue Metode Penelitian Kualitatif). In PT Remaja Rosda Karya (Vol. 2). CV Jejak. Sukab
Nastria Sari Fitriana. (2016). “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Ketergantungan Mahasiswa Pada Smartphone”. Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Lampung Bandar Lampung. diterbitkan
Onong Effendy Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149
Riyanto, Z., & Riyanto, Z. (2019). Analisis Perilaku Mahasiswa Sains Dan Teknologi Dalam Penggunaan Smartphone (Gadget) Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik. PERFORMA Media Ilmiah Teknik Industri, 17(2). https://doi.org/10.20961/performa.17.2.28802
Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Sahrul. (2001). Sosiologi Islam. Medan. IAIN Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta
Copyright (c) 2025 Nena Suwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.