Analisis Tipografi Dan Tata Letak Terhadap Daya Serap Informasi Dalam Media Cetak

  • Halim Setiawan Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Alya Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Vivi Amayati Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Tipografi, Tata Letak, Media Cetak, Desain Grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tipografi dan tata letak terhadap kejelasan informasi dalam media cetak, seperti brosur dan majalah. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena seringnya desain media cetak yang kurang efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens karena pemilihan tipografi dan tata letak yang kurang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sampel media cetak yang mencakup berbagai kategori, seperti surat kabar, majalah, dan brosur. Sampel dipilih secara purposif untuk memastikan keberagaman dalam penggunaan tipografi dan tata letak. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tipografi dan tata letak adalah dua elemen yang saling bergantung dalam mempengaruhi kejelasan informasi dalam media cetak. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai desain media cetak yang efektif dan komunikatif, kedua elemen tipografi dan tata letak harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Penataan elemen-elemen ini dalam kombinasi yang tepat dapat memperjelas informasi yang disampaikan dan meningkatkan pengalaman pembaca.

References

Danton, & Sihombing. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jokhanan, & Kristiyono. (2020). Komunikasi Grafis: Dilengkapi Panduan Teknis Desain Layout. Kencana.

Koskow. (2021). Percakapan Huruf: Prinsip Tipografi Desain. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusnadi. (2018). Dasar Desain Grafis. Edu Publisher.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. PT. Elex Media Komputindo.

Marzuki, A., & Sulaiman. (2023). Dasar dan Penerapan Tipografi. Mitra Cendekia Media.

Monica. (2010). PENGARUH WARNA, TIPOGRAFI, DAN LAYOUT PADA DESAIN SITUS. Humaniora, 1(2), 459.

Pratama. (2019). Pengaruh Tata Letak pada Efektivitas Iklan Cetak. Jurnal Komunikasi Visual, 4(2), 78–85.

Setiawan, H., & Kartono, G. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Layout, Tipografi, Warna, dan Gambar Pada Sampul Majalah Dinamika. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.660

Published
2025-05-26
How to Cite
Setiawan, H., Alya, & Amayati, V. (2025). Analisis Tipografi Dan Tata Letak Terhadap Daya Serap Informasi Dalam Media Cetak. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 8(1), 42-52. https://doi.org/10.37567/syiar.v8i1.3739