KONSEP CHARACTER BUILDING PERSPEKTIF MUSTHAFA AL-GHALAYAINI STUDI KITAB IDHATUN NASYI’IN
Abstract
Pembentukan karakter merupakan pendidikan awal dan mendasar dalam membentuk karakter peserta didik. Pembentukan karakter merupakan istilah yang semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia saat ini. Apalagi dengan dirasakannya ketimpangan hasil pendidikan yang dilihat dari perilaku lulusan pendidikan formal saat ini, seperti korupsi, perkembangan seks bebas di kalangan remaja, narkoba, perkelahian, pembunuhan, dan perampokan oleh mahasiswa. Sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut tidak terlepas dari pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pembentukan karakter dalam perspektif Musthafa Al Ghalayaini dalam bukunya Idhatun Nasyi'in. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Temuan penelitian ini adalah perspektif pembentukan karakter Musthafa Al-Ghalayaini bahwa pendidikan merupakan upaya penanaman akhlak mulia dalam jiwa seorang peserta didik dan kebutuhan untuk menyiratkan dengan nasehat dan bimbingan. Nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya adalah Ikhlash, Sabar, Kesejahteraan Rakyat, Kemuliaan, Agama, Kebohongan dan Kebenaran, Tolong Bantu, Kemurahan Hati, Usaha dan Tawakal. Relefansi pembentukan karakter menurut Musthafa Al-Ghalayaini sesuai dengan pendidikan karakter di Indonesia.
References
Abu Ahmadi. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Al Ghalayaini, Musthafa. (1953). Idhatun Nasyi’in. Beirut: Maktabah al-Ashriyah.
Al-Ghalayain, Mushthofa. (2005). Idhatun An-Nasyi’in, Terj. Fadlil Sa’id An-Nadwi. Surabaya : Maktabah Al-Hidayah.
Al-Ghalyaini, Musthafa. (2002). Idhatun Nasyi’in (Bimbingan Menuju Akhlak Luhur) Terj. Moh. Abdai Rathomy. Semarang: PT Karya Thoha Putra.
Amri et. al. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Athurrohman, Nurkholis. (2016). Pendidikan Karakter perspektif Musthafa Al-Ghalayaini dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Departemen Agama R.I., (2009). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.
E Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Edy Suparjan. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Gunawan & Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Ismail, Muhammad Ilyas. (2012). Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: Alauddin University Press.
Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Jakarta : Bumi Aksara.
Ma’mur, Asmani Jamal. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.
Mahmud. (2011). MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Majid, Abdul & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Cet. Ke-2 . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Minan, Muhammad & Ahmad Ma’ruf. Model Pendidikan Karakter Religius dalam Perspektif Syaikh Musthafa Al-Ghalayaini. Dalam jurnal Al-Murabbi, Vol. 5, No. 2, Juni 2020.
Muchlas, Samani. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nikmah, Ulfatun. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syaikh Musthafa Al-Ghalyaini dalam Kitab Idhatu An-Nasyiin. Salatiga: IAIN Salatiga.
Nizar, Samsul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis). Jakarta: Ciputat Pers.
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an, Volume 14,. Jakarta : Lentera Hati.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwito. (2003). Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Yogyakarta: Belukar.
Suyuthi, Imam Achmad. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Perspektif Musthafa Al-Ghalayaini dalam Kitab Idhatun An-Nasyi’in. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Utari, Rafita. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Remaja Studi Analisis Kitab Idhatun Nasyi’in Karya Syaikh MUsthafa Al-Ghalyaini. Riau: UIN Sultan Kasim Riau.