UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP NEGERI 2 JALANCAGAK

  • Rifanni Anisa Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah Subang
  • Devi Vionitta Wibowo Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah Subang
  • Afif Nurseha Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah Subang
Keywords: upaya, guru PAI, kecerdasan spiritual

Abstract

Dalam ranah pendidikan, kecerdasan intelektual masih menjadi suatu hal yang difokuskan yang mana siswa diwajibkan untuk menghafal dan mengetahui konsepnya, sehingga menjadikan kecerdasan spiritual masih lemah untuk ditanamkan dalam jiwa siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa dapat diimplementasikan melalui pembelajaran yang terprogram. Adanya kegiatan pembiasaan oleh guru maka kesadaran akan kecerdasan spiritual anak akan semakin menonjol, sehingga berbagai upaya yang diusahakan oleh guru bisa dikatakan berhasil. Karena guru PAI merupakan garda terdepan dalam tercapainya aspek kecerdasan spiritual siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 2 Jalancagak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual dalam proses pembelajaran dan pembiasaan di sekolah. Berbagai upaya tersebut diusahakan oleh guru PAI terus dilaksanakan dan menjadi ciri khas dari sekolah karena tetap mempertahankan kegiatan-kegiatan positif yang dapat menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa.

References

Achadah, A. (2020). Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Al-Insyaroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 57–69.

Afifah, N. N. (2020). Implementasi Kegiatan Infaq dan Shadaqah dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Afiyah, H. (2019). Pengaruh Keputrian dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Agustian, A. G. (2007). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melaui Al-Ihsan. Bandung: Mizan.

Al-Mahfani, K. (2018). Mi’rojul Mu’minin Mukjizat Sholat Dhuha. Jakarta: Wahyu Media.

Astaman. (2020). Kecerdasan dalam Perspektif Psikologi dan Al-Qur’an/Hadits. Tarbiya Islamica: Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1(1), 41–50.

D.H, M., A, S., & Karomah, A. (2021). Peranan Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Menenamkan Nilai Keagamaan pada Siswa Mts. Nurul Huda Kareng Lor Kedopok Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 562–570.

Farida, U. N., & Badrus. (2019). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI di MAN 4 Madiun. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(April), 25–34.

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 174–202.

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2022). Peran Guru PAI dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah Di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(1).

Hamid, A., Prasetiya, B., & Santoso, A. (2022). Implementasi Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberasih. 8(2), 1–18.

Handayani, S. (2019). Kecerdasan Spiritual dan Prestasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godean). G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 292–306.

Handayanim, A., Makarim, C., & Hamdani, I. (2022). Hubungan Shalat Dhuha dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Kota Bogor. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(1), 110–116.

Hawa, S., Syarifah, & Muhammad. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum ( Kuliah Tujuh Menit ) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), 75–90.

Hudaidah, R., & Romelah, R. (2022). Program Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Muhammadiyah Pagatan. JCS - Journal of Comprehensive Science, 1(1), 17–23.

Isnaini, M., Wahyudi, W. E., & Syafe, I. (2021). Implikasi Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Peserta Didik. Tahafus: Jurnal Pengkajian Islam, 1(2), 43–62.

Junaidi, Eliana, Abdullah, A., & Zulfahmi. (2022). Sosialisasi Kultum Pada Siswa SMP Riyadul Mubarak Desa Tanjongan Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Lailiyah, N., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna Di SMPN 1 Ngoro Jombang. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2).

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, R., & Fadulloh, S. H. (2021). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Mata Pelajaran PAI Dengan Hasil Belajar Di Kelas X SMAN 2 Pandeglang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Educatech and Intructional Research Journal, 8(2), 250–263.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).

Mutmainah, H. (2018). Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik. At-Tuhfah: Jurnal Keislaman, 7(1), 80–95.

Nafi’ah, S., & Azizah, M. (2022). Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas ESQ Siswa Melalui Pembelajran PAI. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(1), 15–27.

Riyanto, S., & Priasti, S. N. (2019). Realisasi Budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Meningkatkan Kualitas Kesantunan Antar Peserta Didik di SD Muhammadiyah Pakel. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1).

Rosidy, M. (2022). Komitmen Guru Profesional. Pengembangan Karakter Sebagai Ruh Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dalam Bidang Ilmu Pendidikan ), 3(1).

Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 117.

Published
2023-03-12