PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI SDN SILIHWANGI DESA CIPANCAR

  • Peni Oktaviani Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah
  • Devi Vionitta Wibowo Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadhul Jannah
Keywords: peran guru, sopan santun, siswa

Abstract

Dizaman sekarang perilaku sopan santun atau hormat akhir-akhir ini telah dilupakan oleh sebagian siswa. Perilaku sopan santun yang sangat menjujung tinggi nilai-nilai hormat menghormati sesama, yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda sudah hilang dalam sebagian diri siswa. Hilangnya perilaku sopan santun sebagian siswa merupakan salah satu dari sekian penyebab kurang terbentuknya nilai karakter. Tidak terpeliharanya perilaku sopan dan santun ini dapat berdampak negatif bagi siswa sendiri maupun orang lain disekitarnya. Oleh karena itu penting adanya penerapan pada seseorang untuk berkomunikasi yang baik sejak usia dini, peran sekolah dasar sangatlah yang paling mudah untuk menerapkan kebudayaan sopan santun siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam menanamkan perilaku sopan santun pada siswa. Penelitian menggunakan metode dekriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  guru  memiliki  peran  dalam  menanamkan  sikap  sopan  santun  siswa  disekolah,  yaitu:  penanaman nilai-nilai  moral  dan  agama,  proses  dalam  belajar  mengajar,  hukuman  yang  baik  untuk  digunakan,  serta  lingkungan  yang  baik.  Bukan  hanya  itu  guru  sebagai  panutan  dan  menjadi contoh  bagi  siswa  sehingga  guru  harus  bersikap  sopan  santun  agar  menjadi  model  yang  baik  dalam menanamkan sikap sopan santun.

References

Damopolii, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27–36.

Haniyyah, Z. (2021). Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di Smpn 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86.

Hardiyanti, S. (2021). Peran Guru Pai Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sma Pallawa Kota Bengkulu. Iain Bengkulu.

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Lailiyah, N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Smk Matsna Karim Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 39–47.

Magdalena, I., Anggraini, I. T., Salsabila, S., & Zahwa, N. (2020). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Petukangan Utara 01. Pensa, 2(2), 280–294.

Mbagho, F. I., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 116–130.

Nurfirdaus, N., & Risnawati, R. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di Sdn 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46.

Panji, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Iain Manado.

Prasetyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Siswa Di Sekolah. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 281–286.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 4(1), 39–54.

Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1), 10–17.

Susanto, A. (2021). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, Dan Implementasinya.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[Sl], 7(1), 79–96.

Yulianti, I., Isnani, A., Zakkiyyah, A. L., & Hakim, J. (2018). Penerapan Bahasa Jawa Krama Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Di Sekolah Dasar. Makalah. Prosiding Seminar Nasional Di Universitas Muria Kudus. Kudus, 11, 160–165.

Published
2023-01-22