EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SARANA LABORATORIUM IPA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MTs MA’ARIF CURUG CIJULANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui efektivitas pemanfaatan sarana Laboratorium IPA dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, subjek dalam peneltian ini adalah kepala Laboratorium IPA dan guru Mata Pelajaran IPA MTs Ma’arif Curug Cijulang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pemanfaatan laboratorium IPA di MTs Ma’arif Curug Cijulang pada uraian bab sebelumnya dari hasil observasi penelitian yang di lakukan di MTs Ma’arif Curug Cijulang, memilik sarana dan prasarana yang kurang memadai. Hal ini dapat di lihat dari kondisi laboratorium MTs Ma’arif Curug Cijulang yang ruangannya masih bergabung dengan ruangan lain. Ruang yang dimiliki hanya berukuran 3m x 3m sebagai tempat penyimpanan berupa almari khusus penyimpanan beberapa alat dan bahan yang di dalamnya terdapat 1 lemari kaca yang berisi mikroskop,1 lemari tempat menyimpan alat-alat seprti pipet tetes, gelas kimia, gelas ukur dan alat alat lainya, 1 lemari untuk menyimpan bahan-bahan praktikum baik yang berupa bahan kimia, juga ada P3K. Dari segi alat dan bahan masih ada kekurangan dalam menunjang pembelajaran di sekolah , dari kesesuaian alat dan bahan dengan materi yang akan di laksanakan dapat dikatakan sesuai dan menunjang proses pembelajaran di sekolah. Dan juga dari alokasi waktu yang tertera di jadwal pelajaran dalam laboratorium mencukupi.
References
Barmawi & M. Arifin, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah”. Yogyakarta, Ar- ruzz Media, (2012), 40.
Usman Samatowa, “Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Jakarta Barat, PT.Indeks, (2011), 03.
Zikrika, “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA Dalam Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri Palembang” (skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2015),
Mastika, N., dkk, “Analisis standarisasi laboratorium biologi dalam proses pembelajaran di SMA negeri kota denpasar” Denpasar ( 2014)
Ridwan abdullah sani, „PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH”. Jakarta, Bumi Aksara (2018),12.
Mastika, A dan Agung. “analisis standarisasi laboratorium biologi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Denpasar”. (Jurnal, Universitas Ganesha program study IPA. Universitas ganesha denpasar, 2014) Vol.4
Pemerdiknas No. 26 Tahun 2008
Ni Luh Putu Kertiasih. “peranan laboratorium pendidikan untuk menunjang proses perkuliyahan jurusan keperawatan gigi POLTEKKES Denpasar”. (Jurnal, Poli Tekhnik Kesehatan program study keperawatan gigi, POLTEKKES. Denpasar, 2016) vol.4 no.2
H. Emha, “Pedoman penggunaan laboratorium sekolah” Bandung, PT Remaja Roesda Karya(2002),24
Ridwan abdullah sani, “PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH” Jakarta, Bumi Aksara, (2018) 48
Permennegpan & RB Nomor 16 Tahun 2009 BAB VII Pasal 13 Ayat 4
Kukuh munandar, “Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekola” Bandung,Refika Aditama (2016),22.
Zikrika, “Efektifitas Penggunaan Laboratorium IPA Dalam Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Palembang “ PALEMBANG, (Skripsi sarjana S1, Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Raden Faden Fatah Palembang, 2015.
Kukuh munandar, “Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah” Bandung, Refika Aditama (2016),33.
Surjani Wonohardjo, “Dasar-dasar Sains”, Jakarta, PT. Indeks (2010) hlm. 11.
Suryosubroto,” Manajemen Pendidikan di Sekolah”. Jakarta: Rineka Cipta (2004) hal 32
Mohamad Surya, “Psikologi Pembelajaran & Pengajaran”. Bandung: Pustaka Bani Quraisy (2004) hal 7
Menurut Benny A. Pribadi, “Model desain sistem pembelajaran.” Jakarta, Dian Rakyat (2009) hal 10
Trianto,”Model pembelajaran terpadu:konsep, stategi,dan implementasi dalam kurikulum tingkat satuan (KTSP)“, Jakarta Bumi Aksara (2010) hal 136-137
Sumaji”pendidikan sains yang humanistis”, Yogyakarta, Kaniaiua (2002) hal 31
Surjani Wonohardjo, “Dasar-dasar Sains”, Jakarta, PT. Indeks (2010) hlm.12-14
Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”Jakarta, PT Bumi Aksara (2012) hlm.138
J. Lexi and M M.A., “Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif,” Rake Sarasin, 2010, 54–68.
Sugiyono, “Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif,” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher)