MOTIVASI MOTIVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS
Abstract
Ketika seseorang ingin tercapainya cita-cita untuk meraih kesuksesan atau terwujudnya keinginan, maka semua itu membutuhkan proses dan proses tidaklah akan terrcapai kecuali diiringi dengan semangat dan motivasi yang kuat dari diri sendiri. Ketika para sahabat bersama Nabi dalam suatu majlis melakukan proses pembelajaran seringkali para sahabat selalu mengutarakan pertannyaan – pertanyaan kepada Nabi dalam rangka ingin mendapatkan keutamaan dari sebuat janji yang yang disampaikan oleh Nabi sebagai bentuk motivasi dan semangat dari para sahabat. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan macam-macam motivasi dan bagaimana motivasi dalam proses pembelajaran dalam persfektif Hadis.
References
Ahmad Izzan dan Saehudin, Hadis Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Hadis, Bandung, Humaniora, 2016
Al Imam Al Sayyid Alawi Ibn Al Sayyid Abbas Al Maliki Al Hasani, Fathu Al Qorib Al Mujib Ala Tahzib Al Targhib wa Al Tarhi, tt,
Aliet Noorhayati sutisno, Telaah Filsafat Pendidikan, Yokyakarta, K –Media, 2019
Amna Emda, Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol.5. No.2 2017.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiCsP7fuZz2AhVC4XMBHfIKDOcQFnoECAQQAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.arraniry.ac.id%2Findex.php%2Flantanida%2Farticle%2Fdownload%2F2838%2F2064&usg=AOvVaw1PNqpR61W2PUm4M-cQSCse
Apriza, Manajemen Kelas, Pekanbaru, Kreasi Edukasi, 2014
Ghullam Hamdu dan Lissa Agustina, Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar ( Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) Jurnal penelitian pendidikan, 2011 - academia.edu, https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35968572/8-Ghullam_Hamdu1-with-cover-page-v2.pdf? –
Indahyati dan Fidiya Arie Utama, Etika Profesi Keguruan, Yogyakarta, K-Media, 2016
Muh. Syukur Salman, Menjadi Guru Yang Dicintai Siswa, Yogyakarta, Deepublsh, 2018
Muhammad bin Abdullah Al Jaradani Al Dimyathi, Al-Jawahir Al-Lu’luiyyah Fi Al Syarh Al Ar bain Al Nawawiyyah, bairut, Al Yamamah, 1998
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Membedah Anatomi Kurikulum 2013 Untuk Membangaun Masa Pendidikan Yang Lebih Baik, Sumedang, UPI Sumedang Press, 2014
Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Rahman, Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar, Bandung, CV. Media Sains Indonesia, 2022
Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan, Hadis Tarbawi Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Persfektif Rasulullah, Jakarta, Kalam Mulia, 2015