IMPLIKASI COVID-19 TERHA DAP PROSES PEMBELAJARAN di SEKOLAH

  • Patriana Dosen Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Implikasi Covid-19, Proses Pembelajaran Disaat Covid-19

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang implikasi wabah covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implikasi covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah, 2) hambatan dalam proses belajar-mengajar pada masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi dokumen (library research). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi dari wabah virus covid-19 terhadap proses pembelajaran di sekolah yaitu proses belajar mengajar di laksanakan secara daring/jarak jauh. Adapun hambatan  proses belajar-mengajar pada masa covid-19 adalah a) keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru, siswa dan orang tua; b) sarana dan prasarana yang kurang memadai; c) akses internet yang terbatas.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, vol 1, no.1, 38–49.
Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth (2015). The Effect of Schooling on Cognitive Skills. Review of Economics and Statistics vol 97, no. 3, 533-547.
Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol 2, no. 2, 81–89.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, vol 8, no. 1, 117–140.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, vol 10, no. 1, 41–48.
Kuntarto E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, vol 3, no. 1, 99-110.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol 5, no.1.
Makmun, Abin Syamsuddin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Miles, M.B & Huberman, A.M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed). New York: Sage Publications
Obiakor, T., & Adeniran, A. (2020). Covid-19 : Impending Situation Threatens To Deepen Nigeria ’ S Education Crisis. Center For The Study Of The Economies Of Africa
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, vol 2, 1–12.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, vol 2, 1–12.
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, vol 6, no. 2, 20–35.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D cetakan ke-25. Bandung : Alfabeta
Suharsimi, A. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. Vote TEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), vol 7, no.4. 2302– 3295.
Yusuf A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta : Kencana
Zayapragassarazan, Z. (2020). COVID-19 : Strategies for Online Engagement of Remote Learners. vol 1, no. 11, 246.
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today:Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. The Largest Online Education in the World Today, vol 4, no. 2, 501–519.
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and Long- Term Visions.
Published
2020-11-23
Section
Articles