SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA PROFESIONALISME GURU (STUDI IMPLEMENTATIF DI MADRASAH AIYAH MIFTAHUL ULUM SENGKUBANG)

  • M.Saprawi Rizal Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah
Keywords: Supervisi kepala Madrasah,profesionalisme guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina profesionalisme guru di Madrasah Miftahul Ulum Sengkubang Kabupaten Mepawah. Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif . Penelitiaan ini bermaksud untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Membina Profesionalisme Guru Di Madarsah Aliyah Miftahul Ulum Sengkubang. Adapun bentuk-bentuk  pelaksanaan supervisi kepala Madrasah Miftahul Ulum Sengkubang untuk membina profesionalisme guru meliputi :Pertama Pembinaan profesi mengajar.Kedua Pembinaan sikap personal dan professional guru mengajar, Ketiga  Pengembangan kualitas profesional guru atau pendidikan  In-Service 

References

A’la, M. 2012. Quantum Teaching. Yogyakarta: DIVA Press
Aliwu, Y., Amiruddin, H., dan Amran, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN No. 1 Labuan Bajo. E-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 2, (Online), (http://mrtg.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/213/148) diakses 12 Oktober 2020
Amberansyah dan Marhamah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Means-Ends Analysis (Mea) dan Word Square pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam II Banjarmasin. Prosiding Seminar PS2DMP ULM, Vol. 3, No. 1, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.
Artini, Marungkil, P., dan Sarjan, M. H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, (Online), diakses 12 Oktober 2020.
Asmar, M. dan Siti, N. 2014. Upaya Meningkatkan Aspek Nilai-Nilai Agama dan Moral dalam Membedakan Perbuatan Baik dan Buruk Menggunakan Model Examples Non Examples dengan Variasi Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Puspa Kencana Banjarmasin. Jurnal Paradigma, Vol. 9 No. 1, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.
Maryani dan Syamsuddin. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal. Vol. 9 No. (1). Halaman 5
Novitawati. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya dengan Model Pembelajaran Group Investigation dan Media KIT IPA pada Siswa Kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Jurnal Paradigma, Vol 10 No. (1), (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.
Purnamasari, U.A., Arifuddin, M., dan Sri, H. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal, (Online), (https://ppip.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/vie/4471) diakses 12 Oktober 2020
Rusman. 2012. Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada
Shaleh, M dan Nooridawati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Gaya melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Divariasikan Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Tiram Banjarmasin. Jurnal Paradigma, Vol. 9, No. 2, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020
Sudewi, N., L., Wayan, S., dan Nyoman, T. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA , Vol. 4.
Susanto. 2013. Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2020-11-23
Section
Articles