MENUNJUKKAN SIKAP BERBHINNEKA DALAM KEGIATAN ORGANISASI DI KAMPUS PADA ERA 4.0

  • Yumnia, Putri Nabila dan Anis Fuadah.Z Mahasiswa dan Dosen Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Sikap Berbhineka, Organisasi Kampus, Era 4.0

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sikap berbhinneka mahasiswa dalam mengikuti sebuah kegiatan organisasi di kampus pada era 4.0 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berupa studi pustaka atau library research dengan menyajikan data-data relevan yang terkait dengan sikap berbhineka mahasiswa dalam mengikuti sebuah organisasi di kampus pada era 4.0. Indonesia merupakan negara kesatuan yang kaya akan keberagaman, seperti keberagaman suku, budaya, adat, bahasa, daerah, dan ras. Indonesia berlandaskan pada ideology Pancasila yang didalamnya terdapat semboyan bangsa sebagai acuan untuk bangsanya dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari luar maupun di dalam negara tersebut yang disebut dengan bhineka tunggal ika. Bhineka tunggal ika memiliki arti berbeda-beda tetap satu mempunyai makna yang sangat luas serta memilki nilai nilai yang dapat diterapkan dalam kegiatan organisasi. Organisasi sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan sikap sikap berbhineka antar bangsa Indonesia. Mahasiswa yang merupakan agent of change pada era 4.0 harus mampu menerapkan sikap sikap berbhineka dalam kegiatan organisasi di kampus dan dalam pengamalan tridharma perguruan tinggi yang mempunyai tujuan untuk membantu masyarkat dalam menghadapi tantang pada era 4.0.

References

Arif, R. P. 2014. Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jurnal Citizenship. Vo. 4. No. 1.
Bisma, G. G. 2017. Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Islam di Universitas Airlangga: PAndangan Tentang Wacana Prospek Demokrasi dan Relasi Negara Agama. Jurnal Politik Muda. Vol. 6. No. 2.
Cahyorinartri, N. 2018. Motivasi Mahasiswa Berorganisasi Di Kampus. Jurnal Psikologi Insight, Vol.2. No. 2.
Fadilah, N. 2019. Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal of Digital education, Communication and Arts, Vol. 2. No. 2.
Hamdan. 2018. Industri 4.0 Pengaruh Revolusi Industri PAda Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara, Vol. 3. No. 2.
IMM, T. 2010. Pedoman Administrasi Ikata Mahasiswa Muhammadiyah. Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
Kosasih. 2016. Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dama Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 25. No. 2.
Lestari, G. 2015, Februari. Bhineka Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di tengah Kehidupan SARA. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 28. No. 1.
Lestiana, N. 2013. Peran Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Semarang Dalam Meningktkan Kepemimpinan Mahasiswa Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Fakultas Ilmu Sosial. Semarang.
Lubis, C. P. 2004. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Disiplin Nasional. Sumatera Utara: e-USU repository.
Masruroh, E. S. 2018. Merawat Kebhinekaan Menjaga Keindonesiaan: Belajar Dari Niai Keberagaman dan Kebersatuan Masyarakat Pulau. Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol. 3. No. 1.
Mintasih, D. 2018. Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Bebasis Kehidupan Terintegrasi PBL Untuk Menyiapkan Calon Pendidik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal elementary: Islamic Teacher Journal, Vol. 6. No.2.
Natasuwarna, A. P. 2019. Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4.0- Big Data dan Data Mining. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 23-24). Pontianak: Sindimas.
Padang, A. Y. 2017. Peran Organisasi Internal Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram Tahun Akademik 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Mataram.
Pertiwi, M. C., & dkk. 2014. Hubungan Organisasi Dengan Mahasiswa Dalam Menciptakan Leadership. proseding Seminar Nasional dan Call for Prepare. surakarta.
Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pratiwi, S. S. 2017. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol. 6. No. 1.
Pursika, I. N. 2009, April. Kajian Analitik Terhadap Semboyan "Bhineka Tungal Ika". Jurnal Pendidikan dan pengajaran, Vol. 42. No. 1.
Salim, H. M. 2017. Bhineka Tunggal Ika Sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al-Daulah, Vol. 6. No. 1.
Satya, V. E. 2018. Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik Info Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis. X. Jakarta: Puslit BKD.
Suparlan, P. 2003. Bhineka Tunggal Ika: Keanekaragaman Suku Bangsa dan Kebudayaan. Antropologi Indonesia.
Supriyadi. 2016. Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka.
Suroto. 2016. Dnamika Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Memperkuat KArakter Unggul Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6. No. 7.
Trisyanti, B. P. (n.d.). revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding Semateskos. Surabaya.
Wahyuni, D. 2016. Nilai-Nilai Dasar Perjuangan HMI: Suatu IKhtiar Mewejudkan Kerukunan Hidup Umat Beragama Di Indoneisa. Jurnal JIA, Vol. 1. No. 2
Published
2020-08-06
Section
Articles