PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK DI MASA COVID -19

  • Noor Baiti Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Kemampuan Literasi, Orng Tua, Covid 19

Abstract

Studi yang dilakukan memiliki tujuan sebagai pendeskripsian peran orangtua yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini dimasa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui wawancara dengan anlisis tematik pada 12 orang tua dengan anak yang sedang bersekolah di taman kanak-kanak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam mengembangkan literasi anak di rumah selama masa pandemi terutama dalam hakekat sosiokultural dalam proses belajar. Kecerdasan pada anak tumbuh bersama interaksinya dengan lingkungan. Pengaruh dari lingkungan tersebut berupa pemberian rangsangan\yang tepat yaitu stimulasi literasi.

References

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik. Ar-Ruzz Media.
Fajriani, R. N. (2020, 08 08-08-2020). Diambil kembali dari www.pikiran-rakyat.com:
https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01649717/update-virus-coronadi-dunia-4-agustus-2020-catat-lebih-dari-18-juta-kasus-positif-covid-19?page=3
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga (Cetakan. 7). PT. Gunung Mulia.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Aanalysis sebagai Metode Menganalisa Data Untuk
Penelitian Kualitatif. Anuva, https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.
Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62.
https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205–218.
Soekanto, S. (2004). Sosiologi Keluarga. Rineka Cipta.
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109.
https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136
Umam, K., Puspitasari, D., & Nurhadi, A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Loyalitas Nasabah PT Erdika Elit Jakarta. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 65. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1652
WHO. (2013). mental health action plan. Mental Health Action Plan 2013-2020, 86(1), 10–22. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa8601_03
Yin, R. (2003). Case Study Research : Design and Method. Open Journal of Social Sciences, 68-90.
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, Vol. 3, No(5), 61. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422
Published
2020-12-04
Section
Articles