https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/issue/feed Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) 2024-09-23T07:43:23+00:00 Bayu bayuarieass@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">SAMAWA (Sakinah, Mawaddah Warahmah) : Jurnal Kajian Keluarga, Gender dan Anak adalah jurnal di bawah penerbit Institut Agama Islam Sultan Muhammad syafiuddin Sambas yang kajiannya fokus pada tema-tema Ilmu Sosial dan Budaya. Adapun skop jurnal ini adalah kajian mengenai problem keluarga, gender, dan anak. Jurnal ini terbit 6 bulanan pada periode Januari-Juni dan Juli-Desember. Naskah yang diterbitkan adalah hasil kajian yang original, bukan karya jiplakan atau plagiasi. Untuk meningkatkan kualitas karya, jurnal ini menerapkan penanganan naskah dengan proses penjaringan dan telaah oleh ahli melalui peer-review process.</p> https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3037 STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK TARBIYAH ISLAMIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023 2024-07-09T02:03:49+00:00 Dienda Amira diendaamira56@gmail.com Aslan aslanalbanjary066@gmail.com Asyruni Multahada asyrunimultahada1991@gmail.com <p><em>The aim of this research is to describe and find out about: 1) forms of aggressive behavior carried out by children aged 4-6 years at Tarbiyah Islamiyah Tebas Kindergarten; 2) teacher strategies in dealing with aggressive behavior in children aged 4-6 years at Tarbiyah Islamiyah Tebas Kindergarten. This research uses a qualitative approach and the type of research used is a qualitative method with a case study approach. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Then the data analysis techniques used in this research are data reduction, data display/data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, the technique for checking the validity of the researcher's data uses triangulation techniques and member checks. The results of this research show that: 1) Forms of aggressive behavior in children aged 4-6 years are as follows: a) predatory aggressive behavior such as kicking their friends with their feet, hitting their friends using objects and hands, pushing their friends' heads or limbs and biting. his friend's hand; b) aggressive behavior between males such as shouting at his friend with a loud voice and splashing his friend's face with water; c) offended aggressive behavior such as throwing chairs and throwing books; d) aggressive defensive behavior such as disturbing friends who are passing in front of them and disturbing friends who are studying; e) instrumental aggressive behavior of attacks that ends up hurting another person in an action and hitting a friend until he is injured. 2) The strategies used are the methods used by teachers in organizing and planning learning activities during the learning process in class. Teachers should pay attention to students with aggressive behavior, namely by marking the child in what way he experiences aggressive behavior and placing students with children who do not experience aggressive behavior, sitting in a place that has been controlled by the teacher, a system of approaches or actions carried out by the teacher, are as follows: a. expository learning strategies; b. heuristic learning strategies; c. reflective learning strategies.</em></p> 2024-07-09T02:03:49+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3053 PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PERTIWI TAHUN PELAJARAN 2022-2023 2024-07-30T03:17:01+00:00 Ade nurhayati adenurhayati@yahoo.com Saripah saripahiphe1616@gmail.com Mauizatul Hasanah mauizatulhasanah92@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang jelas tentang: 1) Untuk mengetahui perencanaan media <em>flash card</em> dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan media <em>flash card</em> dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. 3) Untuk mengetahui evaluasi media <em>flash card</em> dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak usia dini kelompok B di KB Pertiwi, untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Peneliti menggunakan dua teknik yaitu: Teknik <em>t</em><em>riangulasi</em>, teknik <em>m</em><em>ember </em><em>c</em><em>heck</em>. Hasil penelitian dapat disimpulkan:1)Perencanaan media <em>flash card</em> dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi yaitu: Menyiapkan materi, yakni materi yang akan dibahas dalam kegiatan belajar mengajar dengan media <em>flash card</em>, menyiapkan kartu belajar yang efektif mempunyai dua sisi dengan salah satu sisi berisi gambar, teks, atau tanda simbol dan sisi lainnya berupa definisi, keterangan gambar, jawaban, atau uraian yang membantu mengingatkan atau mengarahkan anak usia dini kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar yang ada pada kartu. <em>Flash card</em> biasanya disiapkan berukuran 8 X 12 cm, 25 X 30 cm. 2) Pelaksanaan media <em>flash card</em> dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi yaitu: Pelaksanaan menggunakan media <em>flash card </em>antara lain: kartu-kartu tersebut jangan diberi nomor urut, kartu-kartu tersebut dibuat dalam ukuran yang sama, jangan memberi “tanda kode” apapun pada kartu-kartu tersebut, kartu-kartu tersebut terdiri dari “beberapa bahasan” dan dibuat dalam jumlah yang banyak atau sesuai dengan jumlah anak usia dini, materi yang ditulis dalam kartu-kartu tersebut, telah diajarkan dan telah dipelajari oleh anak usia dini. Media dapat digunakan untuk mengaktifkan anak usia dini dalam mempelajari materi yang bersifat konsep, karakteristik klasifikasi, fakta, dan mereview materi. 3) Evaluasi di KB Pertiwi yaitu: Hasil belajar anak usia dini dengan menggunakan media <em>flash card</em> meningkat dilihat dari berbahasa anak usia dini.</p> 2024-07-29T04:00:18+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3127 PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DAN MENGGUNTING DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUDA GALING TAHUN PELAJARAN 2022-2023 2024-08-08T04:14:20+00:00 Adiyati namokadiyati@yahoo.com Novi Cahya Dewi novicahhya@gmail.com Astaman astaman.rf@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting, mendeskripsikan langkah-langkah peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dan evaluasi peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah <em>reduksi</em> data, <em>display</em> data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dalam penyampaian pembelajaran dilakukan secara klasikal dalam mengerjakan tugas dilakukan secara kelompok. Langkah-langkah peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dimulai dari tahap perencanaan yang dituangkan di dalam RPPH, tahap persiapan berupa alat dan bahan yang digunakan, tahap pelaksanaan dimulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting menggunakan skala penilaian BSB, BSH, MB, BB yang direkap secara harian dan menggunakan penilaian hasil karya anak.</p> 2024-08-08T03:31:37+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3055 PENERAPAN PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI KELAS B KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA SIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023 2024-08-26T02:03:18+00:00 Vania vanialea88@yahoo.com Nuraini nurainiiaissambas@gmail.com Zuri Astari zuri.astari@fkip.untan.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang :1) Perencanaan pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan&nbsp; rasa percaya diri anak 2) Pelaksanaan&nbsp; pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan&nbsp; rasa percaya diri anak 3) Implikasi pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di kelas B Kelompok Bermain Tunas Bangsa Simpuan Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,&nbsp; reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan&nbsp; rasa percaya diri anak adalah menyiapkan RPPH, menentukan strategi pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan menyiapkan <em>reward</em>. Pelaksananaan pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan&nbsp; rasa percaya diri anak adalah melalui kegiatan belajar mengajar guru memberikan <em>&nbsp;reward</em> pin bintang kepada siswa yang tidak malu-malu atau percaya diri untuk maju kedepan kelas. Implikasi pemberian <em>reward </em>untuk meningkatkan&nbsp; rasa percaya diri anak adalah guru selalu memberikan contoh sikap&nbsp; mencerminkan rasa percaya diri, serta melakukan pengawasan dan selalu memberikan stimulus kepada anak agar anak lebih percaya diri. Dengan pemberian <em>reward</em> rasa percaya diri anak lebih meningkat seperti tidak malu-malu untuk tampil didepan kelas, tidak ragu untuk bertanya atau mengajukan pendapat dan dengan pemberian <em>reward</em> ini anak-anak lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan di kelas B Kelompok Bermain Tunas Bangsa.</p> 2024-08-26T01:55:57+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3215 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI TK ISLAM SULTHONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023 2024-09-23T07:39:22+00:00 Fitriani fitrianip79@yahoo.com Eliyah eliyah.arhadi@gmail.com Asyruni Multahada asyrunimultahada1991@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia Dini melalui Permainan Engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini memiliki dua tujuan, diantaranya adalah: 1) Mengetahui kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 di TK Islam Sulthoniyah Sambas. 2) Mengetahui penerapan pengenalan angka 1-10 melalui permainan engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas. 3) Mengetahui hasil permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah Sambas. Penelitian ini menggunakan jenis fenomenologi sedangkan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kemampuan anak usia dini dalam mengenal angka 1-10 di TK Islam Sulthoniyah Sambas cukup baik. Karena, sebagian besar anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah sudah mengenal angka 1-10. 2) Penerapan pengenalan angka 1-10 pada anak usia dini melalui permainan engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas dibagi menjadi tiga tahap pelaksanaan. Pertama, persiapan dilakukan dengan menyiapkan media dan merapikan anak usia dini terlebih dahulu. Kedua, tahap pelaksanaan guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu tentang angka, dilanjutkan dengan permainan engklek dengan dimana guru menunjuk salah satu anak untuk bermain kemudian melompat ke kotak angka sesuai dengan guru sebutkan. Terakhir guru mengajak setiap anak usia dini bernyanyi dan menggunakan stiker angka untuk menunjukan lambing angka sesuai dengan yang disebutkan dalam lirik. Ketiga, tahap evaluasi guru menggunakan evaluasi sumatif berupa guru memberikan pertanyaan kepada setiap anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah sesuai dengan stiker angka yang diangkat oleh guru untuk mengetahui hasil pembelajaran anak. 3) Permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah Sambas memberikan pengaruh besar terhadap daya tangkap anak. Sehingga, anak usia dini di TK Sulthoniyah sebagian besar dengan cepat menghafal angka yang dikenalkan oleh guru.</p> 2024-09-23T07:39:22+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah) https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/samawa/article/view/3213 PENERAPAN STIKER BINTANG SEBAGAI PENGHARGAAN UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PERKAMBANGAN ANAK KELOMPOK B1 DI TKIT YA BUNAYYA DESA DALAM KAUM KECAMATAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024 2024-09-23T07:43:23+00:00 Eka Kurniati ekakurniati@yahoo.com Novi Cahya Dewi novicahhya@gmail.com Sera Yuliantini serayuliantini@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang Penerapan Stiker Bintang Sebagai Penghargaan Untuk Meningkatkan Aspek Perkambangan Anak Kelompok B1 Di TK Islam Terpadu Ya Bunayya Desa Dalam Kaum Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini memiliki dua tujuan, diantaranya adalah: 1) Mengetahui perencanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. 2) Mengetahui pelaksanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. 3) Mengetahui evaluasi penerapan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Petama, Perencanaan stiker bintang sebagai penghargaan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya yaitu dengan membuat RPP yang terdiri dari RPPH dan RPPM. Kedua, Pelaksanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya dibagi menjadi tiga yaitu: Pertama, tahap pendahuluan, guru menyapa anak dan mengucapkan salam, dilanjutkan dengan kegiatan Islam Terpadu, seperti berdoa sebelum belajar, membaca hafalan surah, doa dan hadist-hadist pendek sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kedua, tahap inti, guru menjelaskan materi pelajaran kepada anak usia dini sesuai RPPH. Ketiga, tahap penutup, guru memberikan stiker bintang pada anak yang belajar dengan baik, dilanjutkan dengan bernyanyi, membaca doa dan hadits, hingga terakhir doa penutup sebelum pelung. Ketiga, Evaluasi penerapan stiker bintang sebagai penghargaan oleh guru untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya adalah evaluasi sumatif karena guru memberikan stiker bintang kepada anak yang mengikut pelajaran dengan baik diakhir pelajaran.</p> 2024-09-23T07:43:23+00:00 Copyright (c) 2024 Samawa (Sakinah, Mawaddah Warahmah)