Pluralisme dalam Al Quran
Abstract
Plural juga berasal dari bahasa ingris Plural yang berarti jamak atau lebih dari satu. Dalam kajian filosofis, pluralisme diberi makna sebagai doktrin bahwa subtansi hakiki itu tidak satu (monoisme), tidak dua (dualisme), akan tetapi banyak (jamak). Dalam al-qur’an kalimat yang menunukkan adanya kemajemukan dapat dilihat dari berbagai bentuk, beberapa diantaranya adalah kemajemukan suku bangsa, agama, partai atau golongan. Dalam hal ini penulis berpedoman pada kitab Mu’jam Mufahras li Alfād ẓ Al-Qur’ān Al-Karīm dan Mu’jam Al-Mau ḍ ū’i li Ᾱyat Al-Qur’ᾱn Al-Kar ῑ m. Dari kitab Mu’jam Mufahras li Alfād ẓ Al-Qur’ān Al karim. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mempelajari literatur seperti kitab kuning atau buku-buku serta karya-karya ilmiah yang menuju pada keterangan yang dibahas sebagai sumber data. Adapun teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif adalah metode yang mana memaparkan data dan memberikan penjelasan secara mendalam mengenai sebuah data. Metode ini untuk menyelidiki dengan menuturkan data, kemudahan menjelaskan data tersebut. Hasil dari penelitian yang berkaitan dengan pluralisme salah satu di antaranya adalah , Pluralisme menunjukkan kepada wahana untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan secara jujur, terbuka. Pluralisme harus pada posisi yang porposional. Pluralisme harus pada posisi yang netral, tidak memihak dan objektif. Dan terakhir Pluralisme menunjukkan adanya perasaan kepemilikan bersama , untuk kepentingan bersama dan diupayakan bersama. Karakteristik seperti ini merupakan puncak dari kesadaran bahwa sebenarnya pluralisme merupakan manifestasi jati diri kita
References
Abdurrahman, Soejono dan. Bentuk Penelitian Suatu Pemikiran Dan Penerapan,. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Ahmad, Nur. Pluralitas Agama Kerukunan Dalam Keragaman. Jakarta: kompas, 2001.
Al-Qurṭuby, Aby Abdllah muhammad ibn Ahmad al Anṣᾱry. Al Jᾱmi’ Li Aḥkᾱm Al Qur’an. Kairo: Dᾱr al- Hadῑth, 2002.
Alusy, Maḥmūd shukry al. Rūh Al Ma’any Fῑ Tafsῑr Al-Qur’ᾱn Wa Sab’I Al Mathany. Lebanon: dᾱr iḥyᾱ al- Turath al ‘Araby, n.d.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Ilyas, Hamim. “Pandangan Muslim Modernis Terhadap Non-Muslim, Studi Pandangan Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridh Terhadap Ahli Kitab Dalam Tafsir Al Manar.” UIN Sunan Kalijaga, 2002.
Imarah, Muhammad. Islam Dan Pluralitas Dan Kemajemukan Dalam Bingkai Persatuan. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.
Ka’bah, Rifyal. Pluralisme Dalam Perspektif Syariah” Dalam Nilai-Nilai Pluralismedalam Islam Bingkai Gagasan Yang Bergerak. Bandung: Nuanasa, 2005.
Munawar-Rochman, Budi. ISLAM PLURALIS Wacana Kesetaraan Kaum Beriman. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
RI, Kementrian agama. Al Quran Dan Terjemahannya Dilengkapi Dengan Kajian Us}u>l Fiqih Dan Intisari Ayat. Bandung: Syigma Publishing, 2011.
Waspodo. Harmoni Dalam Pluralisme Suatu Kajian Sosiologis” Dalam ISLAM HUMANIS. Jakarta: PT Moyo Segoro Agung, 2001.
Zubair, Anton Bakker dan Ahmad Hariz. Metodologi Penelitian Filsafa. Yogyakarta: kaniswis, 1994.
Copyright (c) 2023 Lailatul Mas’udah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.